Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pengelola Perpustakaan Melalui Teori The Big Five Personality

Authors

  • Indah Solehati UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rusmiatiningsih UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3202

Keywords:

kepuasan pemustaka, kinerja pengelola perpustakaan, kepribadian, Teori The Big Five Personality, User’s Satisfaction, Librarian Performance, Personality, The Big Five Personality

Abstract

The efficiency of the library's current operations is significantly impacted by the performance of its managers. In an attempt to raise the caliber of librarian performance, this study examines the analysis of librarian satisfaction with the work of library managers at the Faculty of Ethics and Humanities, UIN Raden Fatah Palembang. The purpose of this study is to determine the degree of user satisfaction and assess how well librarians and other library managers have performed in meeting users' expectations by analyzing library managers' personalities through librarians' performances and applying The Big Five personality theory. A quantitative technique is employed in the research, and questionnaire surveys are performed to obtain research data. The questionnaire consists of 5 main indicators using The Big Five Personality Theory and each main indicator consists of 4 questions. The sample used in this research was 34 respondents who were students of the Faculty of Adab and Humanities who were registered as users at the Faculty of Adab and Humanities Library.

Keywords: User’s Satisfaction, Librarian Performance, Personality, The Big Five Personality

 

ABSTRAK

Kinerja pengelola perpustakaan sangat berpengaruh keoptimalan kegiatan yang ada di perpustakaan. Penelitian ini mengkaji Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pengelola Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang sebagai upaya meningkatkan kualitas kinerja pustakawan. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi tingkat kepuasan pemustaka serta mengevaluasi sejauh mana pustakawan dan pengelola perpustakaan lainnya telah memenuhi ekspektasi pemustaka dengan mengkaji kepribadian pengelola perpustakaan melalui kinerja pustakawan dengan mengimplementasikan teori kepribadian The Big Five. Pada penelitian pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan Kuantitatif dengan metode pengumpulan data penelitian menggunakan Survey Kuesioner. Kuesioner terdiri dari 5 indikator utama dengan menggunakan Teori The Big Five Personality dan masing-masing indikator utama terdiri dari 4 pertanyaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 Responden yang merupakan Mahasiswa Fakultas Adab Dan Humaniora yang terdaftar sebagai pemustaka di Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora.

References

Apriyani, N., Dewi, L., & Suhardini, D. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakan Daerah Kabupaten Sukabumi. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29240/tik.v5i2.2850

Aryadi, A., & Zain, L. (2023). Analisis Kepuasan Pemustaka terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakaan IST AKPRIND Yogyakarta. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i3.81

Djula, W. A. (2021). PENGARUH THE BIG FIVE MODEL PERSONALITY TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MAPPI. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(6), 785–794. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i6.642

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.

Kardiasa, M. F., & Suhartini, S. (2021). Pengaruh The Big Five Personality Trait Terhadap Komitmen Afektif dan Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i1.4003

Luthfiyah, A., & Masruri, A. (2023). Kepribadian Pustakawan yang Humanis dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan (Aktualisasi Diri) Di Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang: Humanist Library Personality In Improving Library Services (Self-Actualization) In Library Of University August 17,1945 Semarang. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i1.308

Mangapeng, R. E. F. (2016). Peranan Pengelola Perpustakaan Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Siswa SMP Negeri Empat Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12776

Poniarsih, N. (2019). PENGARUH TEORI THE BIG FIVE-PERSONALITY TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DIY. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(3), Article 3. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i3.1372

Risparyanto, A. (2017). PENGARUH KUALITAS LAYANAN PUSTAKAWAN TERHADAP LOYALITAS PEMUSTAKA DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PEMUSTAKA. UNILIB?: Jurnal Perpustakaan, 53–66. https://doi.org/10.20885/unilib.vol8.iss1.art5

Rosito, A. C. (2018). Eksplorasi Tipe Kepribadian Big Five Personality Traits Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 6. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.3250

Setyaningsih, K. (2016). PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/elidare.v2i2.920

Simanullang, T. (2021). PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN THE BIG FIVE MODEL PERSONALITY TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN KEUANGAN). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 747–753. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.634

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuningsih, P. (2019). Hubungan Kinerja Pustakawan dengan Kepuasan Pengguna Studi Kasus pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak. UNILIB?: Jurnal Perpustakaan. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10.iss2.art7

Published

2024-06-30

How to Cite

Solehati, I., & Rusmiatiningsih. (2024). Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pengelola Perpustakaan Melalui Teori The Big Five Personality . Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 7(1), 61–74. https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3202

Issue

Section

Articles

Citation Check