Memanfaatkan Aplikasi Seluler untuk Pendidikan Islam: Peluang, Tantangan, dan Pengembangan Konten untuk Pelajar Milenial

Authors

  • Enung Rahmawati SMAN 3 Bogor, Indonesia
  • Iman Kostaman SMAN 1 Plered Purwakarta, Indonesia
  • Egi Ahmad Juwaeni SMKN 12 Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i2.3570

Keywords:

Pendidikan Islam, aplikasi seluler, pengembangan konten

Abstract

a

References

Achmad, F. (2024). Implikasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini: Tinjauan Terhadap Peran, Tantangan, Dan Peluang. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 52–63. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7545

Amrina, D. E. (2023). Pelatihan Pembuatan Iklan Digital Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Pengetahuan Wirausaha Pemula Milenial. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3286. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15806

Anco, A. (2023). PKM Pengenalan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Millenial Di Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta Rasa & Karsa, 2(2), 38–41. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i2.1721

Anwar, S. (2014). Desain Pendidikan Agama Islam: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Idea Press.

Harmi, H. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 228. https://doi.org/10.29210/30031757000

Issa, U. A. (2023). Enhancing Accessibility to Islamic Studies Education Through E-Learning. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(3), 696–702. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.67824

Kulbi, S. Z. (2019). Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 385–406. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i3.1110

Muhsan, M. (2022). Multidisciplinary Approach in Islamic Religious Education: the Formation of a Holistic and Responsive Muslim Community to the Dynamics of Modern Life. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 14(1), 597–612. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4440

Munawarah, & Hidayat, N. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam Di Masyarakat. Educasia Jurnal Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 243–254. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.119

Qomarudin, M. (2024). Pemahaman Generasi Milenial Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Ajaran Islam Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia: Studi Kasus Pada Tingkat Dasar. Jemari (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 10–16. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3158

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Sholeh, M. I. (2023). Technology Integration in Islamic Education: Policy Framework and Adoption Challenges. Journal of Modern Islamic Studies and Civilization, 1(02), 82–100. https://doi.org/10.59653/jmisc.v1i02.155

Suhada, D., Ridwan, W., Ahmad, N., Suhartini, A., Ahyani, H., & Mutmainah, N. (2022). Menguak Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Di Indonesia Perspektif Islam Dan Barat Dalam Menjawab Tantangan Masa Depan. Al-Iltizam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 199–212. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3022

Suhid, A., Naser, M., Ahmad, A. E., Abah, N. C., Jusoh, R., & Zaremohzzabieh, Z. (2021). Challenges and Readiness of Islamic Education Teachers in Innovative Teaching and Learning. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(2), 293. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.588

Sultani, D. I., Silalahi, C. A. P., & Ali, R. (2021). The Learning Strategy of Islamic Education at Primary School in Implantation of Islamic Thought Values. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.28582

Taryana, T. (2023). Analisis Bibliometrik Penggunaan Platform Pembelajaran Online Dan Aplikasi Mobile Dalam Mendorong Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 827–839. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.861

Wahyudin, W., Rujito, L., Muntafiah, A., & Hidayah, A. N. (2023). Islamic Spiritual Education Through Visiting Patient App for Brain Tumor Patients. Comprehensive Health Care, 7(1), 60–68. https://doi.org/10.37362/jch.v7i1.976

Wardani, P. T. (2023). Analisis Usability Menggunakan Metode Think Aloud Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Jmo (Jamsostek Mobile) (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Binjai). Sisfo Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 7(1), 19. https://doi.org/10.29103/sisfo.v7i1.12102

Yusro, M., Hadiyanto, A., Syarief, M., & Rasyidi, R. (2022). M-Pai as a Mobile Learning Media for Islamic Religious Education Courses at Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.038

Zamroni, A. (2023). Quality Development of Islamic Education in the Era of Society 5.0: Opportunities and Challenges. Post Axial, 98–103. https://doi.org/10.59944/postaxial.v1i2.244

Zumzianah. (2024). Islamic Religious Education Based on Local Culture: Strategy for Developing Islamic Religious Education Materials in Madrasah Ibtidaiyah. Ijgie (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(1), 39–45. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i1.2727

Downloads

Published

2025-02-15

Issue

Section

Article

Citation Check