Pendekatan Pembelajaran Hybrid dalam Pendidikan Islam: Menjembatani Strategi Pedagogis Tradisional dan Modern

Authors

  • Fitriyani Kosasih Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Iqbal Hilman Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Jaeni Dahlan Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Enung Herawati Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i1.3566

Keywords:

Pembelajaran Hybrid, Pendidikan Islam, Strategi Pedagogis, Pembelajaran Digital

Abstract

Pendekatan pembelajaran hybrid dalam pendidikan Islam semakin relevan dalam menjawab tantangan pendidikan global. Studi ini mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran hybrid dapat mengintegrasikan strategi pedagogis tradisional dan modern untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial dan Gen Z. Meski berbagai reformasi telah dilakukan, banyak siswa merasa kurang tertarik dengan metode konvensional yang minim interaktivitas. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kehadiran siswa dalam pelajaran agama dan tingkat toleransi, menggarisbawahi perlunya pendekatan yang lebih inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur dan observasi partisipan, melibatkan guru pendidikan Islam, administrator sekolah, dan siswa. Analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi pola terkait strategi pengajaran, penggunaan sumber daya, dan keterlibatan siswa. Hasil menunjukkan bahwa 85% pendidik menganggap pembelajaran hybrid efektif dalam mengakomodasi gaya belajar yang beragam, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memberikan fleksibilitas. Penggunaan alat digital seperti forum diskusi dan media interaktif meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa. Namun, 70% guru melaporkan kesulitan menyeimbangkan pengajaran daring dan tatap muka, yang menyebabkan kelelahan kerja. Studi ini menyoroti pentingnya integrasi teknologi dan pembelajaran berpusat pada siswa untuk meningkatkan otonomi dan pemahaman siswa terhadap prinsip Islam. Namun, implementasi pembelajaran hybrid memerlukan dukungan institusional, pelatihan profesional, serta kerangka evaluasi yang sesuai. Penelitian ini menggarisbawahi perlunya strategi untuk mengatasi keterbatasan sumber daya dan metode penilaian tradisional guna mengoptimalkan penerapan pembelajaran hybrid. Penelitian lanjutan diharapkan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dan praktik terbaik dalam penerapan hybrid learning di pendidikan Islam.

References

Bahrowi, A. (2022). Management Concept of Islamic Higher Education and the Challenge in Global Era. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 14(1), 35–48. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.1131

Casterlé, B. D. d., Vliegher, K. D., Gastmans, C., & Mertens, E. (2020). Complex Qualitative Data Analysis: Lessons Learned From the Experiences With the Qualitative Analysis Guide of Leuven. Qualitative Health Research, 31(6), 1083–1093. https://doi.org/10.1177/1049732320966981

Fakhri, J. (2023). Performing Hybrid Learning at Islamic Higher Education Institusions for Mitigating Learning Loss. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 223–240. https://doi.org/10.15575/jpi.v9i2.28874

Firmansah, M. L. H. (2023). Implementation of Hybrid Learning Models in Islamic Universities in Asian Countries. J. Emerging Technologies in Education, 1(1), 59–68. https://doi.org/10.55849/jete.v1i1.199

Hatta, M. (2023). Implementation of Program Islamic Religious Education Program at State Junior High School (SMPN) 2 Kuta Makmur, Aceh Utara. Journal of Educational Analytics, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.55927/jeda.v2i1.2735

Huda, F. I. H., & Widodo, H. (2022). Teacher’s Efforts in Forming Religious Character in Neuroscience-Based Pai (Islamic Education) Learning. International Journal of Education Humanities and Social Science, 05(06), 160–167. https://doi.org/10.54922/ijehss.2022.0463

Hudia, T. (2023). Islamic Education in the Era of Disruption. Gic, 1, 237–241. https://doi.org/10.30983/gic.v1i1.172

Humble, N. (2022). Content Analysis or Thematic Analysis. Ecrm, 21(1), 76–81. https://doi.org/10.34190/ecrm.21.1.316

Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43–54.

Iqbal, M. (2022). Challenges of Implementing Character Education Based on Islamic Values in the Independent Campus Learning Curriculum (MBKM). Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 14(1), 757–768. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4839

Jaka, N. J. a. (2023). The Relevance of Ibn Sina’s Concept of Islamic Education to Independent Learning Education. At-Tajdid Jurnal Ilmu Tarbiyah, 12(2), 104–114. https://doi.org/10.52640/tajdid.v12i2.319

Khadijah, I., & Mauludin, H. (2024). Penguatan Konsep Fitrah dalam Pendidikan Agama Islam melalui Kerangka Merdeka Belajar. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3468

Mansir, F. (2022). Problems of Islamic Religious Education in the Digital Era. At Ta Dib, 17(2), 284. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8405

Marcus-Varwijk, A. E., Madjdian, D. S., Vet, E. d., Mensen, M., Visscher, T. L. S., Ranchor, A. V, Slaets, J. P. J., & Smits, C. (2019). Experiences and Views of Older People on Their Participation in a Nurse-Led Health Promotion Intervention: “Community Health Consultation Offices for Seniors”. Plos One, 14(5), e0216494. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0216494

Naima. (2024). Implementation of Islamic Religious Education Learning in Building Students’ Social Attitude. Tafkir Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(1), 171–183. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i1.1052

Paramansyah, A., Wirmanhanizon, W., Huda, M., Sholeh, M. I., Suyadi, S., Mansir, F., Tumin, T., Purnomo, H., Gafur, A., Nurhasan, N., Switri, E., Apriyanti, Wahyudi, A., Munjiat, S. M., Sechandini, R. A., Naima, Darmi, Hatta, M., Sa’adah, S., … Nuryana, Z. (2023). Multicultural-Based Learning of Islamic Religious Education for the Development of Students’ Social Attitudes. At-Tadzkir, 2(2), 241–252. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.221

Rofi’i, M. A. (2024). Sincerity and Devotion-Based Education. Syaikhuna Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 15(01), 34–47. https://doi.org/10.62730/syaikhuna.v15i01.7308

Sa’adah, S. (2023). Implementation of Islamic Religious Education Learning in Improving Students’ Morals. CJoTL, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i2.924

Sholeh, M. I. (2023). Strategi Efektif Dalam Manajemen Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tarbawi Ngabar Jurnal of Education. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.462

Suyadi, S., Nuryana, Z., & Asmorojati, A. W. (2021). The Insertion of Anti-Corruption Education Into Islamic Education Learning Based on Neuroscience. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 10(4), 1417. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i4.21881

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Article

Citation Check