Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Peradaban Islam pada Masa Modern

Penulis

  • Endi Suhendi Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3545

Kata Kunci:

Mind Mapping, Pembelajaran, Motivasi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh respons siswa ketika pembelajaran PAI berlangsung yang menganggap bosan dan menjenuhkan, dengan demikian dapat diketahui adanya motivasi belajar siswa yang rendah.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara respons siswa terhadap metode mind mapping dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi peradaban Islam pada masa modern kelas XI SMK Bintara Rancaekek Kab. Bandung.  Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sebelum melakukan pengumpulan data, peneliti terlebih dahulu melakukan uji validitas dan uji reabilitas, agar instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Setelah mendapatkan hasil penelitian, maka data akan dikumpulkan dengan menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode mind mapping dengan motivasi belajar siswa dengan hasil analisis perhitungan Pearson Correlation diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 (5%).  Nilai pearson correlation berkisar antara 0,41-0,60 adalah sedang.

Referensi

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Umum (Revisi 2009). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alamsyah, A., Rahmat, R., & Setiawan, S. (2018). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 23(1), 67-79.

Buzan, T. (2006). The Mind Map Book: Unlock your creativity, boost your memory, change your life. BBC Active.

Buzan, Tony. (2009). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Davies, M. (2011). Concept mapping, mind mapping and argument mapping: What are the differences and do they matter? Higher Education, 62(3), 279-301. https://doi.org/10.1007/s10734-010-9387-6

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-2271-7

Kartika Sari, Vika. (2020). Hubungan Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. Insititut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Nasional, D. P., Cipta, R., Soemanto, W., Somantri, M. N., IPS, M. P. P., Rosada, R., Persada, P. T. R., Muammad, Y., Yusuf, L. N., & dalam Belajar, D. D. (2003). Undang-Undang. Sistem Pendidikan Nasional.

Nasution, S. (2016). Strategi pembelajaran aktif dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 105-117.

Novita, R. (2019). Efektivitas Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Yang Sulit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(3), 150-161.

Santrock, J. W. (2017). Educational Psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed.); Kedua). Jakarta: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Diterbitkan

2024-04-20

Terbitan

Bagian

Article

Citation Check