Analisis Kesulitan Belajar Siswa MI Syifaaush Shuddur: Studi Kualitatif tentang Faktor Internal dan Eksternal

Authors

  • Desi Fitriani Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Lusy Meilani Nur’aeni Rohmah Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Reza Deniarti Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Muhamad Alfan Nurikhsan Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Imron Rosadi Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i2.3543

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab

Abstract

Kesulitan belajar merupakan salah satu tantangan utama dalam pendidikan, khususnya di lembaga pendidikan dasar seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI). Identifikasi dan pemahaman terhadap faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar sangat penting untuk merancang intervensi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam problematika yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa di MI Syifaaush Shuddur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi penggunaan skala penilaian, observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar, serta guru dan orang tua yang berperan dalam proses pembelajaran mereka. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola yang relevan dengan kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa di MI Syifaaush Shuddur mengalami kesulitan belajar yang cukup tinggi. Faktor internal seperti kemampuan intelektual dan minat belajar yang rendah, serta faktor eksternal seperti kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, kondisi sekolah, dan pengaruh masyarakat, berperan signifikan dalam meningkatkan kesulitan belajar. Selain itu, pelajaran bahasa Arab diidentifikasi sebagai salah satu bidang studi yang paling sulit dipahami oleh siswa, sehingga memerlukan perhatian dan strategi pengajaran khusus. Temuan ini menekankan perlunya intervensi yang tepat dan metode pembelajaran yang lebih interaktif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar. Penggunaan pengulangan materi yang sistematis serta pendekatan pengajaran yang lebih partisipatif disarankan untuk meningkatkan pemahaman siswa, terutama pada mata pelajaran yang dianggap sulit seperti bahasa Arab.

References

Abdullah, I., Rahmi, N., & Walfajri, W. (2020). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Taqdir, 6(2), 71–83.

Dinatha, N. M. (2017). kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2).

Fahrurrozi, F. (2015). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darussalam Bermi Gerung Tahun Pelajaran 2015/2016. IAIN Mataram.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Kemalaratih, E., & Setiawati, Y. (2019). Gangguan Belajar pada Anak. Mimbar Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya, 23(4), 8–10.

Novitasari, A., & Fathoni, A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5969–5975. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3168

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20.

Nusroh, S., & Luthfi, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5, 71. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1145

Pasaribu, F. P., Ritonga, C. H., & Syam, H. (2024). EKSISTENSI GURU PAI SEBAGAI KONSELOR DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR. TARBIYATUL ILMU: Jurnal Kajian Pendidikan, 2(6), 297–304.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Rahman, F. (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah di Kota Langsa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Retnanto, A. (2021). Mengenal Kesulitan Belajar Anak (2nd ed.; T. Husniati, Ed.). Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.

SARI, N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa MIPA dan IPS Pada Masa New Normal di SMAN 1 Batipuh.

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Pratiwi, S. R. E., Walidain, M. B., & Anam, M. A. K. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 155–163.

Supena, A., & Munajah, R. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 10–18.

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46–57.

Downloads

Published

2024-02-25

Issue

Section

Article

Citation Check