Analisis Kritis Terhadap Implementasi Teori Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadis: Studi Kasus di SMAN 5 Karawang
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i2.3541Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Al-Qur'an dan Al-Hadis, Paradigma Pendidikan IslamAbstrak
Pendidikan sebagai investasi manusia yang berperan dalam proses pembangunan karakter dan intelektual suatu bangsa. Tolok ukur suatu bangsa yang maju dapat dilihat dari keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus dan konsep yang matang agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan dalam perspektif yang berbeda, yaitu perspektif Al-Quran dan Al-Hadis yang berpusat pada Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Karawang. Tujuan dan isi atau materi pendidikan dalam perspektif Al-Quran dan Al-Hadist adalah tujuan yang mencakup pendidikan karakter yang cakupannya adalah memperoleh ilmu pengetahuan yang sehat secara jasmani (ahdaf al-jismiyyah), memperoleh kesehatan secara rohani (ahdaf al-ruhiyah), memperoleh akal yang sehat (ahdaf al-aqliyah), memperoleh kehidupan sosial yang bermanfaat di masyarakat. (ahdaf al-ijtima'iyah). Pendekatan deskriptif dan library research dalam penelitian ini sangat diperlukan untuk mencapai fakta dan realitas yang ada, khususnya perkembangan dalam dunia pendidikan Islam. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kajian terhadap Tafsir Tarbawi karya Ahmad Munir dan sumber-sumber lainnya, sedangkan untuk data sekunder menggunakan buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan tujuan pendidikan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan penelitian kepustakaan, diperoleh informasi bahwa di dalam Al-Quran terdapat beberapa istilah pendidikan diantaranya tarbiyah, ta'dib, ta'lim dan tazkiyah. Tujuan pendidikan pada akhirnya adalah membentuk manusia menjadi insan kamil dan bermanfaat bagi lingkungannya. Materi pendidikan dibagi menjadi 2 bidang, yaitu bidang ilmu-ilmu keislaman dan bidang ilmu-ilmu sosial dan eksakta.
Referensi
Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam. Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam.(Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1999.)
Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, (Jakarta: Lentera Hati, 2009)
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Kalam Mulia, 2010.)
Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru, 1984.) Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Mataram, 1995.)
Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. 1993. Tafsir al-Maraghi 1, terj. Bahrun Abu Bakar, Beirut: Darul Kutub.
Al-Baqi, Muhammad Fuad. 1992. Al-Mu’jam al0Mufahras lil al-fadz al- Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr.
Abi Hasan, Albassry. An-Nukt wa Al-Uyun Tafsir Al-mawardy. dar al- Kutubal-islamiyyah, Beirut: Libnan.
Anwar,Cecep. 2015. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Bandung
As-suyuthi,jalaludin. 2008. Sebab turunnya ayat alqur’an. Depok: gema insani.
Burhanudin, Undang,Tafsir Kontemporer, Bandung: Insan Mandiri.
Gofarfar E. M, M. Abdul. Tafsir Ibnu Katsir (Lubaabut Tafsiir Min Ibni Katsiir). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Hamka. Tafsir Al-azhar. PT Pustaka Panji Mas. Jakarta:198
Hijaji, Muhammad Mahmud. 1968. Al-Tafsir al-Wadih, juz 21. Kairo: Mathaba’ah al-Istiqbal al-Kubra.
Muhammad, Fuad Al-Baqi. 1992. Al-Mu’jam al0Mufahras lil al-fadz al-Qur’an. Beirut : Dar al-Fikr.
Saefuddin Anshari, Endang. 1987. Ilmu Filsafat dan agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Al-Abadi, Abu al-Thayyib Muhammad Syams al-Haq al-‘Azim. ‘Aun al-Ma’bb Syarh Sunan Abu Dawud, Juz VII. t.tt.: al-Maktabah al-Salafiyah, 1979.
Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam. Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Ahmad, H. Arifuddin. Prof. Dr. H. M. Syuhudi Ismail; Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi. Cet. I. Jakarta: Intimedia dan Insan Cemerlang, 2003.
Ahmad, Mudhor. Manusia dan Kebenaran. Surabaya: Usaha Nasional, 1989.
Ismail, M. Syuhudi. Kaedah Kesahihan Sanad Hadis. Jakarta: Bulan Bintang, 1988.
Madjid, Nurcholish. Khazanah Intelektual Islam. Cet. III. Jakarta: Bulan Bintang, 1994.
Mappanganro. “Masa Kanak-Kanak dan Perkembangan Rasa Keagamaan.”Warta Alauddin. IAIN Alauddin. No. 66, Tahun XII, 1993.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).