Analisis Kritis Terhadap Implementasi Teori Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadis: Studi Kasus di SMAN 5 Karawang

Penulis

  • Hari Alih Hansyah Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Titin Kuraesin Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ahmad Saefurridjal Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Iskandar Mirza Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i2.3541

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Al-Qur'an dan Al-Hadis, Paradigma Pendidikan Islam

Abstrak

Pendidikan sebagai investasi manusia yang berperan dalam proses pembangunan karakter dan intelektual suatu bangsa. Tolok ukur suatu bangsa yang maju dapat dilihat dari keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus dan konsep yang matang agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan dalam perspektif yang berbeda, yaitu perspektif Al-Quran dan Al-Hadis yang berpusat pada Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Karawang. Tujuan dan isi atau materi pendidikan dalam perspektif Al-Quran dan Al-Hadist adalah tujuan yang mencakup pendidikan karakter yang cakupannya adalah memperoleh ilmu pengetahuan yang sehat secara jasmani (ahdaf al-jismiyyah), memperoleh kesehatan secara rohani (ahdaf al-ruhiyah), memperoleh akal yang sehat (ahdaf al-aqliyah), memperoleh kehidupan sosial yang bermanfaat di masyarakat. (ahdaf al-ijtima'iyah). Pendekatan deskriptif dan library research dalam penelitian ini sangat diperlukan untuk mencapai fakta dan realitas yang ada, khususnya perkembangan dalam dunia pendidikan Islam. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kajian terhadap Tafsir Tarbawi karya Ahmad Munir dan sumber-sumber lainnya, sedangkan untuk data sekunder menggunakan buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan tujuan pendidikan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan penelitian kepustakaan, diperoleh informasi bahwa di dalam Al-Quran terdapat beberapa istilah pendidikan diantaranya tarbiyah, ta'dib, ta'lim dan tazkiyah. Tujuan pendidikan pada akhirnya adalah membentuk manusia menjadi insan kamil dan bermanfaat bagi lingkungannya. Materi pendidikan dibagi menjadi 2 bidang, yaitu bidang ilmu-ilmu keislaman dan bidang ilmu-ilmu sosial dan eksakta.

Referensi

Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam. Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam.(Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1999.)

Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, (Jakarta: Lentera Hati, 2009)

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Kalam Mulia, 2010.)

Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru, 1984.) Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Mataram, 1995.)

Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. 1993. Tafsir al-Maraghi 1, terj. Bahrun Abu Bakar, Beirut: Darul Kutub.

Al-Baqi, Muhammad Fuad. 1992. Al-Mu’jam al0Mufahras lil al-fadz al- Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr.

Abi Hasan, Albassry. An-Nukt wa Al-Uyun Tafsir Al-mawardy. dar al- Kutubal-islamiyyah, Beirut: Libnan.

Anwar,Cecep. 2015. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Bandung

As-suyuthi,jalaludin. 2008. Sebab turunnya ayat alqur’an. Depok: gema insani.

Burhanudin, Undang,Tafsir Kontemporer, Bandung: Insan Mandiri.

Gofarfar E. M, M. Abdul. Tafsir Ibnu Katsir (Lubaabut Tafsiir Min Ibni Katsiir). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Hamka. Tafsir Al-azhar. PT Pustaka Panji Mas. Jakarta:198

Hijaji, Muhammad Mahmud. 1968. Al-Tafsir al-Wadih, juz 21. Kairo: Mathaba’ah al-Istiqbal al-Kubra.

Muhammad, Fuad Al-Baqi. 1992. Al-Mu’jam al0Mufahras lil al-fadz al-Qur’an. Beirut : Dar al-Fikr.

Saefuddin Anshari, Endang. 1987. Ilmu Filsafat dan agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Al-Abadi, Abu al-Thayyib Muhammad Syams al-Haq al-‘Azim. ‘Aun al-Ma’bb Syarh Sunan Abu Dawud, Juz VII. t.tt.: al-Maktabah al-Salafiyah, 1979.

Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam. Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Ahmad, H. Arifuddin. Prof. Dr. H. M. Syuhudi Ismail; Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi. Cet. I. Jakarta: Intimedia dan Insan Cemerlang, 2003.

Ahmad, Mudhor. Manusia dan Kebenaran. Surabaya: Usaha Nasional, 1989.

Ismail, M. Syuhudi. Kaedah Kesahihan Sanad Hadis. Jakarta: Bulan Bintang, 1988.

Madjid, Nurcholish. Khazanah Intelektual Islam. Cet. III. Jakarta: Bulan Bintang, 1994.

Mappanganro. “Masa Kanak-Kanak dan Perkembangan Rasa Keagamaan.”Warta Alauddin. IAIN Alauddin. No. 66, Tahun XII, 1993.

Diterbitkan

2024-02-25

Terbitan

Bagian

Article

Citation Check