Implementasi Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Toleransi Beragama di SMAN 1 Cileunyi Bandung

Penulis

  • Irawan Irawan Yayasan Ashabul Jannah Karawang, Indonesia
  • Jaeni Marjuki Pondok Pesantren Nurul Iman, Indonesia
  • Fahril Husaeni Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Endang Komara Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Hoerul Umam Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i2.3540

Kata Kunci:

Desain Pembelajaran, Toleransi Beragama, Implementasi Pembelajaran

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis urgensi dan implementasi desain pembelajaran PAI dalam mengembangkan toleransi beragama di SMAN 1 Cileunyi Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan desain pembelajaran PAI dalam mengembangkan toleransi beragama di SMAN 1 Cileunyi, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap agama lain sehingga mampu menghargai perbedaan keyakinan. Penelitian ini dapat memberikan pengalaman belajar yang dapat membantu siswa mengembangkan empati terhadap individu dari latar belakang agama yang berbeda. Dengan memahami nilai-nilai toleransi, siswa dapat lebih mampu mencegah terjadinya diskriminasi agama di masyarakat. Pendidikan toleransi beragama perlu diberikan kepada siswa sedini mungkin. Menanamkan keterbukaan pikiran sejak dini, dan menerima perbedaan dengan dilandasi nilai-nilai toleransi, tentu akan meminimalisir sikap intoleransi pada siswa.

Referensi

Alawi, K., & Maarif, M. (2021). Pendidikan Toleransi Beragama dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 167-182.

Álvarez, A., Jivet, I., Pérez-Sanagustín, M., Scheffel, M., & Verbert, K. (2022). Learning design for scalable and effective educational interventions: Current challenges and future directions. Educational Technology & Society, 25(1), 115-130.

Amirudin, H., Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Rohimah, N. (2022a). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 45-60.

Amirudin, H., Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Rohimah, N. (2022b). Model Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai di Sekolah Multikultural. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(3), 78-95.

Anwar, K. (2021). Pendidikan Toleransi di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Tantangan. Jurnal Sejarah Pendidikan, 12(1), 55-72.

Asiyah, S. N., & Anan, A. (2021). Pola Pendidikan Toleransi Beragama di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Toleransi, 7(2), 90-105.

Aslaksen, B., & Lorås, L. (2019). Practical strategies for teaching tolerance in diverse classrooms. Journal of Multicultural Education, 13(3), 174-188.

Banks, J. A. (1993). Approaches to multicultural curriculum reform. Multicultural Education: Issues and Perspectives, 195-214.

Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2019). Multicultural Education: Issues and Perspectives (10th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.

Børte, K., Nesje, K., & Lillejord, S. (2024). The role of learning design in promoting student engagement. Journal of Educational Technology, 37(2), 220-235.

Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th ed.). New York: HarperCollins.

Faozan, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 56-70.

Faraji, M., Ezadpour, R., Rahrovi, M., Dastjerdi, R., & Dolatzarei, A. (2022). Evaluating the impact of educational interventions on tolerance and social behavior. Journal of Social Psychology, 25(1), 134-150.

Firdaus, M., Jamal, A., & Arifin, Z. (2024). Strategies for integrating tolerance education in Islamic education. International Journal of Islamic Studies, 18(2), 98-115.

Fuadi, A., Nasution, A., & Wijaya, H. (2024). Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa: Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 65-80.

Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., Keller, J. M., & Russell, J. D. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth.

Guangul, F. M., Suhail, A. H., Khalit, M. I., & Khidhir, B. A. (2020). Challenges of implementing formative assessment in higher education. Assessment & Evaluation in Higher Education, 45(5), 761-780.

Habermas, J. (2004). The Theory of Communicative Action. Boston: Beacon Press.

Halim, R. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 8(2), 213-228.

Hamalik, O. (2003). Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jayadi, S., Abduh, M., & Basri, A. (2022). Implementasi Pendidikan Toleransi Beragama di Sekolah Multikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 134-148.

Keller, J. M. (2009). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer.

Maarif, S. (2019). Pendidikan Multikultural dan Toleransi Beragama: Konsep dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 98-112.

Menon, R. V., Kars, M., Malhotra, N., Campbell, J., & van Delden, H. (2018). Integrating design thinking in educational planning. Journal of Educational Research and Innovation, 14(1), 45-60.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nakaya, A. (2018). Education for Tolerance and Peace in Conflict-Affected Regions. Journal of Peace Education, 15(2), 179-193.

Nurbatra, E., & Masyhud, S. (2022). Desain Pembelajaran yang Efektif untuk Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Multikultural, 14(3), 167-184.

Ok, R., Al-Farabi, M., & Firmansyah, D. (2022). Studi Kasus Konflik dan Resolusi di Indonesia. Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, 8(1), 89-104.

Raihani, R. (2012). Education for Tolerance in a Multicultural Society: A Case Study of Islamic Schools in Indonesia. International Journal of Multicultural Education, 14(1), 1-15.

Rofi'ah, L. (2018). Implementasi Pendidikan Toleransi di Sekolah Multikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 167-184.

Rohmah, R., Rena, L., Pahrurraji, R., & Syarif, M. (2024). Kasus-kasus Intoleransi di India: Sebuah Tinjauan. Jurnal Studi Konflik Global, 11(2), 112-130.

Romadlan, M. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Multikultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 112-128.

Sechandini, R., Ratna, D., Zakariyah, A., & Naimah, H. (2024). Pendidikan untuk Mengurangi Prasangka di Kalangan Remaja. Jurnal Pendidikan Toleransi, 10(1), 145-160.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uyun, Q., & Warsah, I. (2022). Pendidikan untuk Toleransi dan Keharmonisan Sosial. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 78-92.

Wand, G. M., & Brown, G. W. (2004). Evaluating Educational Programs. London: Routledge.

Wiewiora, A., & Kowalkiewicz, M. (2019). The role of evaluation in enhancing educational outcomes. Journal of Educational Evaluation, 25(3), 220-235.

Diterbitkan

2024-02-25

Terbitan

Bagian

Article

Citation Check