Merancang Kurikulum Pendidikan Karakter Islam Berbasis Tauhid: Analisis Ayat 12-19 Surat Luqman dan Implementasinya dalam Pendidikan

Penulis

  • Gawi Yulianti Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ahmad Saefurridjal Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Iskandar Mirza Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i1.3537

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Kurikulum, Tauhid

Abstrak

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis tauhid dalam pembentukan karakter spiritual Islami, mendesain kurikulum berbasis tauhid yang integral yang Islami, dapat membentuk karakter yang berkepribadian Islami dan Menganalisis Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 dalam Tafisr Ibnu Katsir dan Tafsir Jalalain. Dengan jenis penelitian kepustakaan, maka sumber data utama adalah buku-buku dan jurnal serta kitab-kitab tafsir yang berkaitan dengan penelitian ini. Terdapat tiga poin penting dalam ayat 12-19 surat Luqman. Pertama, dimensi tauhid merupakan hal yang sangat esensial sebagai fondasi keimanan. Menjaga kemurnian tauhid dari unsur syirik sangat penting agar tauhid ini tetap terjaga dari hal-hal yang dapat membatalkan keimanan. Kedua dimensi syariah, bagaimana menjalankan kewajiban sebagai seorang hamba dengan melaksanakan salat dan kewajiban lainnya. dan ketiga dimensi akhlak, membangun akhlak antar sesama terutama ketika berinteraksi dengan orang lain agar tetap menjaga sikap-sikap yang terpuji. Jangan sombong dan jangan meremehkan orang lain karena merasa lebih baik dari orang tersebut. Jadi kesimpulannya pendidikan tauhid pada hakikatnya merupakan bagian yang urgen dalam melahirkan sikap, karakter kepribadian yang baik. Karena dengan pendidikan tauhid, semua sikap dan perilaku akan dilandasi oleh aspek teologis, baik yang menyangkut akhlak, ibadah, maupun muamalah.

Referensi

Anwar, S. (2020). KONSEP MANUSIA SEMPURNA MENURUT MUHAMMAD TAQÎ MISBÂH YAZDÎ. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 4(1). https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i1.9330

Djuharnedi, D. (2019). Pendidikan Kejujuran dalam Perspektif Hadits dalam Kitab Shahih Muslim ( Kajian Materi dan Metode Pembelajaran ). Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan dan Keislaman), 1–16.

Fadliah, R. (2018). Metode Pendidikan Tauhid yang Terkandung dalam Al-Qur’an Surat Al-An’am Ayat 74-79.

Liriwati, F. Y., & Armizi, A. (2021). Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13. Seminar Nasional PAUD Holistik Intergratif, (September), 117–124.

Resti, R., & Firdaus, A. (2022). Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 160–174.

Salamuddin, & Kuno, H. (2022). Pendidikan Tauhid: Cara Mengenal Tuhan. Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 645–658. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3762

Setiakawan, A. (2016). Konsep pendidikan tauhid dalam keluarga perspektif pendidikan Islam. Educasia, 1(2), 1–21.

Zulfikar Ali Buto Siregar, H. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Tauhid yang Terkandung dalam Al-quran Surat Ash-Shaffat Ayat 100-111 Zulfikar Ali Buto Siregar, Husnan. 131.

Zuhri. (2013). Pengantar Studi Tauhid. Yogyakarta: Suka Press

Diterbitkan

2023-10-25

Terbitan

Bagian

Article

Citation Check