Implementasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Pendidikan di Sekolah: Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i3.3429Keywords:
Nilai-Nilai Aswaja, Revolusi Industri 4.0, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Aswaja (Ahlusunnah wal Jamaah) di sekolah dalam menjawab tantangan yang ditimbulkan oleh Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metodologi tinjauan literatur, yang melibatkan kajian teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian. Metode ini sangat penting, terutama dalam penelitian akademis, karena metode ini berkontribusi pada pengembangan teori dan aplikasi praktis. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Aswaja moderasi (tawassuth), keseimbangan (tawazun), toleransi (tasamuh), dan keadilan (i'tidal) berfungsi sebagai prinsip-prinsip panduan untuk berperilaku dalam semua aspek kehidupan. Pendekatan yang paling efektif untuk membina kehidupan beragama di sekolah adalah melalui strategi yang mencakup learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Selain itu, proses pengembangan kehidupan beragama dapat dilakukan melalui metode seperti memberikan pengajaran teori yang minimal, memberikan contoh dan teladan yang luas, memperkuat pembiasaan dan praktik, memberikan motivasi yang cukup, dan memastikan pengawasan dan penegakan aturan yang konsisten.
References
Abror. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.
Ali, M. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Moderen. Pustaka Amani.
Bangun, B. H. (2019). Perbandingan Sistem Dan Mekanisme HAM Negara-Negara Anggota Asean: Tinjauan Konstitusi Dan Kelembagaan. Jurnal HAM, 10(1), 99–114.
Belasheva, I. V. dan P. E. F. (2016). Psychological Stability of a Personality and Capability of Tolerant Interaction as Diverse Manifestations of Tolerance. International Journal of Environmental & Science Education, 11(10), 3367–3384.
Fahmi, M. (2013). Pendidikan Aswaja NU dalam Konteks Pluralisme. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 165–179.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100.
Hanan, A., Marjani, G. I., Suherman, U., Firdaus, A., Albustomi, A. G., Goffary, I., … Arken, M. R. (2023). Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265(1), 12004. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1265/1/012004
Kharismatunisa, I. (2021). Nahdlatul Ulama dan Perannya dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah pada Masyarakat Plural. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 141–163.
Mustari, I. T. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah An-Nahdliyyah Melalui Progam Kegiatan Keagamaan di SMA Islam Nusantara Malang. Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nikmah, F. (2018). Implementasi Konsep At Tawasuth Ahlus-Sunnah Wal Jama’ah Dalam Membangun karakter Anak di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Tarbawi, 15(1), 80–92.
Nugroho A. B, L. P. dan W. (2012). Pola Komunikasi Antarbudaya Batak dan Jawa di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 1(5).
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama Menurut Al-Qur ’ an dan Hadist. JURNAL ILMIAH AL MU’ASHIRAH: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59–70.
Sahlan, A. (2010). Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah. UIN-Maliki Press.
Setara Institute. (2015). Kehidupan Keagamaan di Indonesia. Setara Institut.
Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Umma, 1(2).
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 323–348.
Svanberg, L. (2014). Tolerance of Diversity and the Influence of Happiness. Bachelor Thesis in Economics. Karlstad Business School.
Sztejnberg. A and Jasinnski. T. L. (2016). Measurement of the tolerance general level in the higher education students. International Journal of Latest Research in Humanities and Social Science (IJLRHSS), 1(4).
Umam, M. U. F. & M. S. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Pendidikan Islam Sebagai Upaya Deradikalisasi Menuju Good Citizen,. Seminar Nasional Islam Moderat, ISSN: 2622-9994, UNWAHA Jombang, 119.
Walzer, M. (1997). On Toleration Castle Lectures in Ethics, Politics, and Economics. Yale University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 2023

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).