Strategi Meningkaktkan Kemampuan Mengingat Pada Siswa MI Bani Quraisyin Kota Bandung

Penulis

  • Rika Nurlena Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Misma Nurul Uyun Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Dia Anezti Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Muhammad Adittia Ismail Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3372

Kata Kunci:

Strategi, Daya Ingat, Model Pembelajaran

Abstrak

Penelitian dilaksanakan di MI Bani Quraisin kota Bandung bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat mengatasi masalah daya ingat peserta didik. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa salah satu cara meningkatkan daya ingat peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model yang digunakan adalah Team Games Tournament (TGT), sebuah model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berperan aktif dan kolaboratif. Model TGT juga berkaitan erat dengan teori kerucut pengalaman Edgar Dale. Teori ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang melibatkan lebih banyak indra dan partisipasi aktif cenderung meningkatkan retensi informasi. Dalam penelitian ini, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempelajari materi, bermain permainan edukatif, dan berpartisipasi dalam turnamen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model TGT menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan daya ingat dan pemahaman materi dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Temuan ini mengindikasikan bahwa TGT merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan daya ingat siswa, selaras dengan prinsip-prinsip yang diuraikan dalam teori kerucut pengalaman Edgar Dale. Berdasarkan hasil penelitian, variasi dalam setiap pembelajaran sangat penting untuk menarik perhatian dan meningkatkan semangat belajar dari peserta didik, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan daya ingat peserta didik secara signifikan.

Referensi

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205.

Indrawati, T. (2022). Penerapan Metode Tgt (Team Game Tournament) Berbantuan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas Iii Sdn Mojorejo 02 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 21–41.

tps://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212

Indrawati, I. A. G. B. P. D. dan K. R. (2014). Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar Ida Ayu Gede Bintang Praba Dewi dan Komang Rahayu Indrawati. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 241–250.

Indrawati, T. (2022). Penerapan Metode Tgt (Team Game Tournament) Berbantuan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas Iii Sdn Mojorejo 02 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 21–41.

Jusmawati, Satriawati, Irman, Rahman, A., & Arsyad, N. (2021). Model Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (Akhirudin (ed.); 1st ed.). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 102.

Mutmainah, A. M., & Fajri, W. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam. Jurnal Hikmah, 12(2), 351–360.

Resti, F., & Aprian, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas III SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 43–65.

Santosa, D. S. S. (President U. (2019). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Teamgames Tournament (Tgt) Dalam Pembelajaran. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://eprints.uny.ac.id/65664/

Siti Anisah, A., & Maulidah, I. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Metode Bernyanyi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 581. https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1814

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Taufiq Izzuddin, A. (2018). Pengembangan Model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikar Dasar, 343–346.

Diterbitkan

2024-04-24

Terbitan

Bagian

Article

Citation Check