Integrasi Konsep Fitrah dan Merdeka Belajar dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Teoritis dan Praktis
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3370Kata Kunci:
Konsep Fitrah, , Pendidikan Agama Islam, Merdeka Belajar, Pengembangan PotensiAbstrak
Konsep fitrah memainkan peran penting dalam pendidikan agama Islam, menggambarkan sifat dasar manusia yang perlu dijaga dan dikembangkan. Namun, dalam praktiknya, penerapan konsep ini sering tidak sepenuhnya sejalan dengan tujuan dasarnya. Kerangka Merdeka Belajar memberikan peluang untuk memperbaiki pendekatan ini, sehingga pendidikan agama Islam dapat lebih sesuai dengan prinsip fitrah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tinjauan literatur. Sumber data meliputi buku, jurnal akademis, serta publikasi terkait lainnya. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi keterkaitan antara konsep fitrah dan pendekatan Merdeka Belajar dalam pendidikan agama Islam. Studi menunjukkan bahwa konsep Merdeka Belajar menawarkan kebebasan bagi siswa untuk mengaktualisasikan fitrah mereka. Hal ini memberikan peluang bagi pendidikan agama Islam untuk lebih menghargai potensi individual siswa, mengatasi pendekatan yang terbatas pada penyampaian materi, dan mengarahkan pendidikan ke arah pengembangan karakter dan nilai spiritual yang lebih mendalam. Integrasi antara konsep fitrah dan Merdeka Belajar menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam dapat lebih efektif dalam mendukung pengembangan potensi siswa. Merdeka Belajar menjadi alat yang relevan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan konsep fitrah dalam proses pendidikan.
Referensi
Afista, Y., Priyono, A., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis Kesiapan Guru Pai Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar (Studi Kasus Di MTsN 9 Madiun). Journal of Education and Management Studies, 3(6), 53–60.
Agus Burhan. (2020). Fitrah Manusia dan Pendidikan Islam. As-Salam, 3(1), 109–130.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28.
Ansori, Y. Z. (2019). Islam Dan Pendidikan Multikultural. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 110–115.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.
Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.
Hamim, A. H., Nurwadjah, A., & Andewi, S. (2021). Pengembangan Potensi Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr., 2(1), 2–4.
Harpan Reski Mulia. (2018). Teori Fitrah: Basis Pengembangan Kreativitas Peserta Didik dalam Islam. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 88–100.
Hasanah, N., Sembiring, M., Afni, K., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pengetahuan Para Guru di SD Swasta Muhammadiyah 04 Binjai. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 1(3), 235–238.
Kesuma, G. C. (2013). Konsep Fitrah Manusia Perspektif Pendidikan Islam. Ijtimaiyya, 6(2), 80–94.
Leu, B. (2022). Komparasi Kurikulum Merdeka Belajar dan AlQuran Surat Al Baqarah Ayat 31. Urwatul Wutqo, 11(2), 113–128.
Makki. (2013). Fitrah Manusia dan Kebutuhannya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Istiqra’, I(1), 81–97.
Mualimin. (2017). Konsep Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 249–255.
Mu’amalah, K. (2020). Merdeka Belajar Sebagai Metode Pendidikan Islam dan Pokok. Jurnal Tawadhu, 4(1), 977–994.
Muhammad Erfan Muktasim Billah, & Suwardi. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Islam. Jurnal Tinta, 3(1), 51–60.
Munib, A. (2017). Konsep Fitrah Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 5(2), 223–231.
Muniroh, M. (2019). Fitrah Based Education: Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Fitrah di TK Adzkia Banjarnegara. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 241–262.
Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra UIN Sumatera Utara, 6, 1.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 2, 160.
Nurlaeli, Fitriana, & Bunyanul. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implementasinya Di Smk Islam Insan Mulia. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(2), 393–404.
Nurwahidah, & Eva Syarifatul Jamilah. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 2(1), 83–96.
Pransiska, T. (2017). Konsepsi Fitrah Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(1), 1.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250.
Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Herry Hernawan, P. (2021).
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.
Rifa’i, A., Kurnia Asih, N. E., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Health Sains, 3(8), 1006–1013.
Rosadi, K. D., & Mukhlisah, I. (2022). Implementasi Merdeka Belajar pada Pendidikan Agama Islam di SMK Mandala Bhakti Surakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(2), 402–408.
Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.
Samsuri, S. (2020). Hakikat Fitrah Manusia dalam Islam. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 85–100.
Sholihah, D. A. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), XII(2), 115–122.
Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19.
Suriadi. (2018). Fitrah dalam Perspektif Al-Quran (Kajian Terhadap Ayat-ayat Al-Quran). Muaddib, 08(02), 143–159.
Suriyati, S. (2020). Pendidikan Islam Dan Peranannya Dalam Mengaktualisasikan Fitrah Manusia. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 9(1), 72–88.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132.
Wahidah. (2019). Urgensi Pendidikan Berbasis Fitrah. Al-Ikhtibar, 6(1), 580–587.
Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).