Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fikih
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3369Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, FikihAbstract
Keterbatasan kompetensi mengajar dan kekurangan guru di MTs N 13 Indramayu telah menimbulkan masalah dalam proses pembelajaran siswa, baik secara individu maupun kelompok. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran yang efektif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan, kemandirian, dan keterampilan sosial siswa di kelas VII MTs N 13 Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di MTs N 13 Indramayu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PBL di kelas VII MTs N 13 Indramayu sudah berjalan dengan baik. PBL dipilih oleh guru sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi PBL antara lain pemilihan mata pelajaran yang sesuai, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan kompetensi dan profesionalisme guru. Penerapan model PBL di MTs N 13 Indramayu terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan, kemandirian, dan keterampilan sosial siswa. Dukungan sarana prasarana yang memadai dan kompetensi guru yang tinggi menjadi kunci utama keberhasilan model pembelajaran ini.
References
Arnita Budi Siswanti, & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Yogyakarta: ANDI.
Dirgatama, C. H. A. (2016). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan mengimplementasi program Microsoft Excel untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 40-41.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2). 04.
Ihsan, F. (2020). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Jurnal Studi Islam dan Peradaban, 14(1), 35.
Taufiqi, M. A., & Tim Penulis. (2023). Peran tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW terhadap perilaku keagamaan masyarakat. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), 131.
Racmawati, N. Y. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 249.
Marghiati, S. A. (2023). Dampak konsentrasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 66.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsidah. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning. Sleman: Deepublish.
Citradin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan. Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.
Dewi Anggraeni, Ahmad Hakam, Abdul Hanan, DKK. 2023. Bunga Rampai Revitalisasi Ilmu Mantiq Dalam Membangun Nalar Kritis Mahasiswa. Diedit oleh Mutolib. Banyumas: Pena Persada.
Hanan, Abdul. 2023. Jawa Pegon dan Tradisi Keilmuan Kitab Kuning. Diedit oleh M. Rachmatullah Arken. Bandung: Yayasan Values Institute.
Hanan, Abdul. 2024. “Kajian Al-Qur’an melalui media Virtual: Studi kritis terhadap penafsiran Al-Qur’an Buya Syakur Yasin di medsos.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hanan, Abdul, Gustiana Isya Marjani, Usep Suherman, Ahmad Firdaus, Ahmad Gibson Albustomi, Irfan Goffary, Saeful Anwar, dan M Rachmatullah Arken. 2023. “Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge.” In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265:12004. IOP Publishing.
Ulfah, Ulfah, dan Saeful Anwar. 2024. “Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa.” ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (1): 58–76.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).