ANALISIS STRATEGI KORPORASI TOYOTA DALAM MENDUKUNG KEMAJUAN PEREKONOMIAN NEGARA
DOI:
https://doi.org/10.30999/medinus.v20i1.3220Abstrak
Mata Kuliah Strategi Korporasi merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Ekonomi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Nahdlatul Ulama dan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Islam Nusantara. Strategi Korporasi merupakan strategi yang berkaitan dengan pilihan arah perusahaan secara keseluruhan, serta pengelolaan portofolio bisnis dan produk. Strategi ini merupakan orientasi menyeluruh perusahaan terhadap pertumbuhan ( growth), stabilitas (stability), atau pengurangan ( rethenchment). Memahami Lingkungan Eksternal: Identifikasi faktor eksternal seperti ekonomi, politik, teknologi, sosial dan lingkungan yang dapat mempengaruhi bisnis Toyota. Hal ini membantu dalam menangkap peluang dan mengantisipasi ancaman di pasar global. Menganalisis Lingkungan Internal: Mengevaluasi sumber daya internal Toyota seperti kekuatan operasional, kemampuan teknologi, keunggulan kompetitif, dan budaya organisasi. Hal ini membantu mengidentifikasi kekuatan yang dapat dioptimalkan dan kelemahan yang perlu diatasi.Mengembangkan Visi dan Misi, Identifikasi Strategi Perusahaan, Optimalisasi Struktur Organisasi, Pengukuran Kinerja dan Pengelolaan Risiko. Secara keseluruhan, tujuan analisis strategi perusahaan Toyota adalah untuk meningkatkan daya saing dan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang, dengan tetap mempertimbangkan faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi kinerja mereka di pasar otomotif global.