Edukasi Kesehatan Ibu Hamil Melalui Kelas Ibu Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor

Authors

  • Shanti Ariandini Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, Indonesia
  • Imas Nurjanah Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, Indonesia
  • Mutia Awalia Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, Indonesia
  • Ranti Silviani Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, Indonesia
  • Hetti Nur Akmali Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, Indonesia
  • Siti Nurul Kholisoh Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i3.2926

Keywords:

Edukasi, Ibu Hamil

Abstract

Kesehatan   ibu   hamil   merupakan   perhatian   besar   bagi   pemerintah.   Ibu   hamil, membawa  calon  generasi  penerus  bangsa  yang  secara  produktif  akan berkontribusi  besar terhadap kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu setiap ibu hamil memerlukan asuhan selama masa kehamilannya. Kegiatan pengabdian kepada ibu hamil bertujuan untuk memberikan informasi mengenai edukasi kesehatan ibu hamil  melalui kelas ibu. Tujuan dilakukan kelas ibu ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan ibu hamil. Penelitian ini dilakukan kepada 25 ibu hamil di Posyandu Dahlia RW 02 dengan cara membandingkan hasil pre test dan post test setelah edukasi. Hasil uji statistik diperoleh nilai t sebesar -4.707 dan ?=0,000 (p<0,05) artinya ada pengaruh terhadap edukasi kesehatan ibu hamil melalui kelas ibu. Terjadi peningkatan pemahaman peserta dari rata-rata skor pretest 1,44 menjadi rata-rata posttest 1,92. Kesimpulannya terdapat peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang edukasi kesehatan ibu hamil memalui kelas ibu.

References

Agustin, S. (2016). Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Di Wilayah Kerja Upt Puskesmas Cimandala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. In Universitas Indonesia. Https://Lib.Ui.Ac.Id/File?File=Digital/20314706-S_Sri Agustini.Pdf

Ariendha, D. S. R., Setyawati, I., Utami, K., & Zulfiana, Y. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Kebutuhan Nutrisi Pada Ibu Hamil. Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 2828–4038. Https://Doi.Org/Doi: 10.55542/Jppmi.V1i6.408

Baroroh, I., Jannah, M., Meikawati, P. R., Kebidanan, A., & Ibu, H. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. 6, 212–217.

Danefi, T., & Lisnawati, L. (2019). Program Ibu Hamil Sehat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalayatahun 2017. Jurnal Abdimas Kesehatan Tasikmalaya, 1(1), 18–21. Https://Doi.Org/10.48186/Abdimas.V1i1.136

Febriani, D. T., Maryam, M., & Nurhidayah, N. (2022). Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny. I Umur 35 Tahun Dengan Kehamilan Primi Tua. Indonesian Journal Of Health Science, 2(2), 77–82. Https://Doi.Org/10.54957/Ijhs.V2i2.324

Fibriana, A. I., & Azinar, M. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Ibu Dan Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Buleleng I. 5(2), 156–169. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31596/Jpk.V5i2.223

Handayani, T. Y., Sari, D. P., & Margiyanti, N. J. (2021). Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Melalaui Kelas Ibu Hamil. Jurnal Inovasi Dan Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72–76. Https://Journal.Polita.Ac.Id/Index.Php/Abdi/Issue/View/11

Hasnah, H., Nurhidayah, N., Fadhilla Gani, N., Risnah, R., Arbianingsih, A., Huriati, H., Hadrayani, E., Ulfah Azhar, M., & Muthaharah, M. (2021). Strategi Pendidikan Kesehatan Pada Ibu Hamil Di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 1(2), 108–118. Https://Doi.Org/10.25311/Jpkk.Vol1.Iss2.959

Ida, A. S., & Afriani. (2021). Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan. 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V2i2

Published

2023-11-04

Issue

Section

Article

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.