Upaya Peningkatan Gizi Ibu Hamil untuk Mencegah Stunting dengan Pendidikan Kesehatan di Puskesmas Parung Bogor

Authors

  • Lela Zakiah Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor, Indonesia
  • Annisa Fitri Rahmadini Akademi Kebidanan Prima Hisada Bogor, Indonesia
  • Fikria Nur Ramadani Akademi Kebidanan Prima Hisada Bogor, Indonesia
  • Ayu Rahmawati Akademi Kebidanan Prima Hisada Bogor, Indonesia
  • Cahya Syahrani Akademi Kebidanan Prima Hisada Bogor, Indonesia
  • Chairunnisa Tiberyal Akademi Kebidanan Prima Hisada Bogor, Indonesia
  • Dea Rahma Aprilia Akademi Kebidanan Prima Hisada Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i3.2928

Keywords:

Ibu hamil, pendidikan gizi, stunting

Abstract

Stunting merupakan permasalahan gizi yang sering terjadi pada balita di Indonesia. Permasalahan asupan gizi penyebab stunting sudah dimulai sejak pada masa kehamilan. Stunting berhubungan erat dengan pendapatan keluarga, sosial budaya, kebijakan ekonomi, dukungan keluarga, dan faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi asupan gizi dimulai dari masa kehamilan. Peningkatan pengetahuan ibu hamil dapat dilakukan dengan kegiatan edukasi. Edukasi ialah kegiatan pendidikan kesehatan yang dilakukan pada individu, keluarga, kelompok serta masyarakat untuk merubah perilaku dari tidak sehat ke pola yang lebih sehat. Upaya pendidikan kesehatan dapat dilakukan pada ibu hamil dengan mencegah stunting yaitu dengan diberikan pendidikan kesehatan terkait gizi ibu hamil. Kegiatan edukasi dilakukan di Puskesmas Parung dengan jumlah sasaran 30 orang. Dilakukan pengukuran pre dan post test setelah edukasi dilakukan. Didapatkan hasil yang signifikan (P value < 0,005) terhadap pengetahuan ibu hamil. Sehingga pendidikan kesehatan merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil terkait stunting.  

References

Aisah, Y., Wiyoko, P.F., Wijayanti, T., 2022. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi Selama Hamil dengan Kejadian Stunting: Literatur Review 2021. Borneo Student Res. 3, 2488–2503.

Citrakesumasari, C., Nasrah, N., Lestari, D., Sahabuddin, S.M.N., Rahmah, N., Wijaya, M., Asysa, N., Hasim, S.N., Kurniati, Y., Rachmat, M., 2023. Edukasi dan Inovasi Pangan untuk Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. J. Inov. Penelit. dan Pengabdi. Masy. 3, 1–12.

Eliyana, Y., Qomariyah, K., 2023. Upaya peningkatan pengetahuan gizi pada ibu hamil melalui edukasi kebutuhan nutrisi ibu hamil di polindes pakong 4, 5464–5467.

Khairunnisa, C., Sidrah Nadira, C., Rizky Simanjuntak, M., Rifki Ramadhan, O., Artikel, H., 2022. Intervensi Promosi Kesehatan pada Ibu Hamil dan Ibu Balita dalam Pencegahan Stunting 948 Intervensi Promosi Kesehatan pada Ibu Hamil dan Ibu Balita dalam Pencegahan Stunting Health Promotion Interventions for Pregnant Women and Toddlers in Stunting Prevention 2, 948–955.

Kuswanti, I., Azzahra, S.K., 2022. Jurnal Kebidanan Indonesia. Hub. Pengetah. Ibu Tentang Pemenuhan Gizi Seimbang Dengan Perilaku Pencegah. Stunting Pada Balita 13, 15–22.

Listyarini, A.D., Fatmawati, Y., Indriana, S., 2020. Edukasi Gizi Ibu Hamil Dengan Media Booklet Sebagai Upaya Tindakan Pencegahan Stunting. J. Pengabdi. Kesehat. 3, 73–83.

Mayangsari, M.D., 2022. Pengaruh Edukasi Pada Ibu Hamil dalam Upaya Pencegahan Stunting. JMH J. Med. Hutama 03, 2186–2192.

Mensch, B.S., Chuang, E.K., Melnikas, A.J., Psaki, S.R., 2019. Evidence for causal links between education and maternal and child health: systematic review. Trop. Med. Int. Heal. 24, 504–522.

Mulyaningsih, T., Mohanty, I., Widyaningsih, V., Gebremedhin, T.A.,

Miranti, R., Wiyono, V.H., 2021. Beyond personal factors: Multilevel determinants of childhood stunting in Indonesia. PLoS One 16, e0260265.

Permatasari, T.A.E., Rizqiya, F., Kusumaningati, W., Suryaalamsah, I.I., Hermiwahyoeni, Z., 2021. The effect of nutrition and reproductive health education of pregnant women in Indonesia using quasi experimental study. BMC Pregnancy Childbirth 21, 1–15.

Riskesdas, 2018. Laporan Nasional Riset Kesehatan dasar 2018.

Rosmiati, Muhdar, Tedy Tulak, G., Saputri, E., Wahyu Susanti, R., 2020. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Stunting Untuk Meningkatkan Pengetahuan Para Ibu Di Wilayah Kerja Puskesmas Polinggona. J. Endur. Kaji. Ilm. Probl. Kesehat. 5, 557–563.

Salamung, N., Haryanto, J., Sustini, F., 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pencegahan Stunting pada Saat Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Kabupaten Bondowoso. J. Penelit. Kesehat. “SUARA FORIKES” (Journal Heal. Res. “Forikes Voice”) 10, 264.

Sukmawati, Hendrayati, Chaerunnimah, Nurhumaira, 2018. Status Gizi Ibu Saat Hamil, Berat Badan Lahir Bayi Dengan Stunting Pada Balita. Media Gizi Pangan 25, 18–24.

Tono, S.F.N., Hastuti, D.P., Romadona, S.W.,2021. Edukasi Ibu Hamil Dalam Mempersiapkan Generasi Bebas Stunting Di Kelurahan Pakis. Pelita Abdi … 2, 12–17.

Published

2023-11-05

Issue

Section

Article

Citation Check