Pendampingan Penyusunan Buku Penilaian Autentik (BUPENA) Berbasis 4Cs Skills bagi Guru Matematika SMP di Kota Langsa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2832

Keywords:

Buku Penilaian Autentik, 4Cs Skills, Pendampingan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini memiliki urgensi terkait upaya mendiseminasikan dan mengaplikasikan hasil kajian tim kepada MGMP Matematika SMP di Kota Langsa. Dipandang perlunya peningkatan pemahaman mitra akan pentingnya guru untuk dapat menyusun Buku Penilaian Autentik (Bupena) yang dalam hal ini beroreintasi pada kecakapan di abad 21. Kegiatan PkM ini juga merupakan pemberdayaan MGMP sebagai mitra. Hal terebut diproyesikan untuk memperkaya wawasan guru dan kualitas pembelajaran matematika SMP di Kota Langsa. Metode yang digunakan berupa Workshop/Pelatihan dengan guru yang mempraktikan secara langsung. Hasil kegiatan PkM ini berupa Bupena yang relevan dan akan diajukan menjadi hak cipta. Setelah mengikuti kegiatan Pk Mini guru-guru matematika mendapatkan pengetahuan mengenai 4Cs Skills dan penerapannya dalam membuat soal untuk penilaian autentik.

References

Haagen-Schützenhöfer, C., & Hopf, M. (2020). Design-based research as a model for systematic curriculum development: The example of a curriculum for introductory optics. Physical Review Physics Education Research, 16(2), 20152. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.16.020152

Hayes, S., Childs, P., & O’Dwyer, A. (2015). Science in the Irish transition year: An opportunity to change the way science is taught. SLO Netherlands Institute for Curriculum Development, October, 734–754.

Ihsan, I. R., & Karjanto, N. (2019). Optimizing Students Combinatorial Thinking Skill Through Design-based Research. International Congress on Industrial and Applied Mathematics 2019, 1–5.

Ihsan, I. R., & Kosasih, U. (2018). Desain Pembelajaran Materi Permutasi Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kombinatorial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. TRIPLE S (Journal of Mathematics Education), 1(2), 97–106.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Kennedy-Clark, S. (2015). Reflection: Research by design: Design-based research and the higher degree research student. Journal of Learning Design, 8(3). https://doi.org/10.5204/jld.v8i3.257

Plomp, T. (2013). Introduction to Educational Design Research: An Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research (pp. 11–50).

Septian, A., Jusniani, N., Monariska, E., Muhammad, G. M., & Sugiarni, R. (2023, June). Mathematical representation ability in integral calculus. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2733, No. 1). AIP Publishing.

Van den Akker, J., Bannan, B., Kelly, A. E., Gravemeijer, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO (pp. 1–206). SLO.

Published

2023-12-08

Citation Check