Peningkatan Kapasitas Orang Tua dalam Mengawasi Aktivitas Anak Menggunakan Gawai Berbasis Android dengan Google Family Link

Authors

  • Ferzha Putra Utama Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Julia Purnama Sari Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Putra Bismantolo Universitas Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i2.1010

Keywords:

peningkatan, orang tua, Google Family Link, anak, gawai, Android

Abstract

Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan gawai berbasis Android, seperti pendidikan, e-commerce, dan seni. Namun tidak sedikit juga permasalahan yang ditimbulkan seperti kecanduan, dan tindakan penipuan. Lemahnya pengawasan dan kurangnya pengetahuan orang tua dalam mengawasi aktivitas anak menggunakan gawai menjadi salah satu pemicu aktivitas anak yang berlebih. Salah satu upaya untuk mengawasi aktivitas anak dalam penggunaan gawai yaitu dengan menggunakan layanan Google Link Family. Aplikasi ini dapat memanajmen screen time, aplikasi yang diperbolehkan dan lokasi keberadaan anak selama menggunakan gawai. Pengabdian menyasar komunitas Blogger Bengkulu karena memiliki potensi untuk menyebarkan lebih luas informasi penting dan berguna bagi masyarakat melalui media internet. Kegiatan ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu diskusi program, penyuluhan, pelatihan, penerapan program, dan evaluasi program. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan pemahaman yang baik dari para peserta dalam menggunakan aplikasi Google Family Link. Dengan menggunakan pengujian usability dengan metode System Usabilty Scale (SUS) didapatkan nilai 71,5 dengan predikat Baik

References

Aprilia, I. H. N., Santoso, P. I., & Ferdiana, R. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale Website Usability Testing using System Usability Scale. J. IPTEK-KOM, 17(1), 31–38.

Bang, K. (2008). Analysis of risk factors in children with suspected developmental delays. World Academy of Science, Engineering and Technology, 48, 429–434.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean: Adding an adjective rating scale. Journal of Usability Studies, 4(3), 114–123.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Ependi, U., Panjaitan, F., & Hutrianto, H. (2017). System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(2), 80–86.

Google. (2020). Help your family create healthy digital habits. Google.Com. https://families.google.com/familylink/

Kharis, K., Santosa, P. I., & Winarno, W. W. (2019). Evaluasi Usability pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usablity Scale (SUS). Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1).

Rideout, V. (2013). Zero to eight: electronic media inthe lives of infants, toddlers and preschoolers. Common Sense Media Research Study.

Sugianto, V. J., Prayanto, W. H., & Yudani, H. D. (2015). Perancangan board game mengenai bahaya radiasi gadget terhadap anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 15.

Zubaidah, Z. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik.

Published

2020-12-10

Citation Check