Perbedaan Tingkat Minat Baca Siswa SMA Khadijah Surabaya Sebelum dan Sesudah Melaksanakan Program Penugasan Guru
DOI:
https://doi.org/10.30999/n-jils.v4i2.1476Kata Kunci:
Minat Baca, Gerakan Literasi Sekolah, Peran GuruAbstrak
Keywords: interest in reading, school literacy movement, teacher's role
ABSTRAK
Persoalan menumbuhkembangkan minat baca pada siswa merupakan kajian menarik untuk dibahas. Mewujudkan kegemaran membaca melibatkan peran semua masyarakat sekolah. Adanya penugasan guru diharapkan menjadi strategi untuk meningkatkan intensitas kunjungan dan kegiatan membaca para siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif kuantitatif. Lingkup penelitian ini yaitu mengenai perbedaan tingkat minat baca siswa SMA yang megikuti program penugasan guru dengan siswa SMA yang tidak mengikuti program penugasan guru dan tingkat minat baca siswa SMA yang mengikuti program penugasan guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu penyebaran kuesioner, observasi, serta studi pustaka. Teknik analisa data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif serta uji hipotesis komperatif dua sampel yang memiliki korelasi. Penelitian ini menggunakan rumus signifikansi dalam pengujian perbandingan antara nilai sebelum penelitian dan sesudah penelitian dengan rumus T-test pada sampel terpisah. Hasil uji signifikasi menunjukkan bahwa program penugasan guru dapat meningkatkan minat baca pada siswa.
Referensi
Aziartiya, S. (2014). Peningkatan Minat Baca Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Pamulang Permai Kelas V (Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25182
Dalman. (2014). Ketrampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fauziyah, R. I. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD UPP Tegal Untuk Membaca Buku di Perpustakaan UPP PGSD Tegal. Laporan Penelitian Institusional Universitas Negeri Semarang.
Halim, N. F. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Siswa SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik. Malang. Retrieved Desember 4, 2021, from http://etheses.uin-malang.ac.id/23558/1/16140069.pdf
Khatimah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar. Retrieved from https://digilib.unismuh.ac.id/dokumen/detail/13183
Morissan. (2016). Statistik Sosial. Jakarta: Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Peraturan Walikota Surabaya No. 47 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan di Kota Surabaya. (2013). Peraturan Walikota Surabaya .
Perpustakaan Nasional RI. (2007). Undang-Undang No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Ramadhan, R. (2020). Perbedaan Tingkat Minat Membaca Siswa Kelas VIII A dan VIII D. Jurnal Pendidikan, Volume 5(Nomor 2), 8-12. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p8-12
Rintang, K., Istiyati, S., & Hadiyah. (2021). Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria.
Sudarsana, U. (n.d.). Pembinaan Minat Baca. Retrieved Desember 4, 2021, from http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf
The International Federation of Library Associations and Institutions. (2007). Developing Cultures of Literacy : an International Research Project. International Federation of Library Associations and Institutions.
Tim GLN Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Nusantara Journal of Information and Library Studies journal and afiliasi as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Nusantara Journal of Information and Library Studies and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Nusantara Journal of Information and Library Studies journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [copyright transfer form]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Rosiana Nurwa Indah (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Jl. Soekarno Hatta No. 530 Bandung
Email: jils.uninus@gmail.com