Peran Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku di PAUD Nurul Amal Bandung
DOI:
https://doi.org/10.30999/n-jils.v4i2.1289Kata Kunci:
Gernas Baku, minat baca, anak usia diniAbstrak
Keywords: Gernas Baku, interest in reading, early childhood
ABSTRAK
Peran keluarga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi anak, karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat dan merupakan lingkungan pembelajaran yang pertama untuk anak. Kedekatan emosional antar anak dan orang tua dapat dimanfaatkan untuk menanamkan kebiasaan baik sejak kecil. Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku Kepada Anak (GERNAS BAKU) merupakan gerakan untuk mendukung peran keluarga untuk menumbuhkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di PAUD ataupun di masyarakat. PAUD Nurul Amal adalah salah satu lembaga PAUD yang berada di kota Bandung yang berupaya menggalakkan program GERNAS BAKU agar Kemampuan Membaca Permulaan anak-anak usia dini meningkat. Kegiatan yang dilakukan di lembaga PAUD Nurul Amal ini untuk GERNAS BAKU di antaranya (1) mengadakan sosialisasi apa itu GERNAS BAKU. (2) Kegiatan Orang Tua membacakan buku di Sekolah. (3) Dilaksanakan tinjauan lebih lanjut melalui Kegiatan Gernas Baku di rumah. Gernas Baku berhasil dilakukan di lembaga PAUD Nurul Amal, ini terbukti bahwa kemampuan membaca permulaan anak menjadi meningkat. Kegiatan ini bertujan untuk mengajarkan ke orang tua cara membiasakan membacakan buku cerita sejak usia dini, mempererat hubungan sosial emosional antara anak dan orang tua, serta meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun.
Referensi
Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Akbar, M. (2016, Mei 26). Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat. Retrieved July 05, 2021, from https://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/15/05/26/noyj6v-menumbuhkan-minat-baca
Ayriza, Y. (1995). “Perbandingan Efektivitas Tiga Metode Membaca Permulaan dalam Meningkatkan Kesadaran Fonologis Anak Prasekolah”. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Doman, G., dan Doman, J. (2005). How To Teach Your Baby To Read: Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca. Jakarta: Tigaraksa Satria.
Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 12-18. DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.25
Fatriani, A., & Samadhy, U. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7(1), 1-9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/j
Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi: Sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial. Attaqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Indriani, Y. R. (2019). Penerapan Manajemen Partisipasi dalam Pelaksanaan Gernas Baku di RA Al-Azhar Bantur. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.929
Kilasan Gerakan Literasi Nasional. (t.thn.). Retrieved July 05, 2021, from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/tentang-gln/
Kusmayanti, S. (2019). Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 222-227. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.832
Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.
Sukmanandita, Y. (2020). Peran Pengelola Paud Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku). Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 129. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3967
Tampubolon, D. (2015). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Nusantara Journal of Information and Library Studies journal and afiliasi as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Nusantara Journal of Information and Library Studies and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Nusantara Journal of Information and Library Studies journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [copyright transfer form]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Rosiana Nurwa Indah (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Jl. Soekarno Hatta No. 530 Bandung
Email: jils.uninus@gmail.com