Kompetensi Pustakawan Dalam Inovasi Transformasi Teknologi Di UPT Perpustakaan Universitas Pasundan

Authors

  • Febrina Rizkia Putri Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rosiana Nurwa Indah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rifqi Zaeni Achmad Syam Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3256

Keywords:

Librarian Competency, Innovation, SLiMS, kompetensi pustakawan, inovasi

Abstract

This research is motivated by the fact that current information technology innovations in the university library system have a very important role in helping librarians carry out their roles and functions. By implementing SLiMS at the Pasundan University Library UPT, library system management, especially in collection processing and circulation services, is expected to improve the performance of librarians as an important part of the education system. However, the competence of SLiMS users in using SLiMS at the UPT Pasundan University Library in Bandung has not been utilized as well as possible. So this research aims to determine the competence of librarians in terms of knowledge, skills and attitudes in using SLiMS to improve the quality of services available at the UPT University Library Pasundan Bandung. This research uses a descriptive qualitative approach, while data collection techniques are through observation, interviews and documentation. And the data analysis techniques used are data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that the competence of librarians in the collection processing and circulation services department in utilizing the Senayan Library Management System already has appropriate knowledge and skills that are quite skilled and already has an open, proactive and learning-oriented attitude towards the innovations that have been carried out.

Keywords: SLiMS, Librarian Competency, Innovation

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu kenyataan, bahwa inovasi teknologi informasi saat ini pada sistem perpustakaan perguruan tinggi memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu pustakawan dalam menjalankan peran dan fungsinya. Dengan diterapkannya SLiMS pada UPT Perpustakaan Universitas Pasundan pengelolaan sistem perpustakaan khususnya dalam pengolahan koleksi dan pelayanan sirkulasi   diharapkan   dapat   meningkatkan   kinerja pustakawan sebagai salah satu bagian penting dalam sistem pendidikan. Tetapi kompetensi pustakawan dalam mengunakan SLiMS di UPT Perpustakaan Universitas Pasundan Bandung belum dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.Maka adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pustakawan baik dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam memanfaatkan SLiMS untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Pasundan Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kompetensi pustakawan bagian pengolahan koleksi dan pelayanan sirkulasi dalam memanfaatkan Senayan Library Management System sudah memiliki pengetahuan yang sesuai dan keterampilan yang cukup terampil serta sudah memiliki sikap yang terbuka, proaktif, dan berorientasi pada pembelajaran terhadap inovasi yang sudah dilakukan.

References

Adams, N. E. (2015). Bloom's taxonomy of cognitive learning objectives. Journal of Medical Library Association: JMLA, 103(3), 152-153.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta,Jakarta. Bloom, Benyamin.S, (2014). Taxonomy of Educational Objective. New York: Longman.

Cahyono, J. E., & Heriyanto, H. (2013), Analisis pemanfaatan senayan library management system (slims) di kantor perpustakaan dan arsip daerah kota salatiga. (Jurnal Ilmu Perpustakaan,2013), vol.2 no.3

Deddy, Mulyana. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Everett M. Rogers. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54

Hayuningrat, Sri Prabowo. 2010. Media Literasi Khalayak Dewasa Dini Pada Tayangan Reality Show di Televisi (Studi Kasus pada Khalayak Reality Show Orang Ketiga). Depok: Universitas Indonesia.

Ikatan Pustakawan Indonesia. 1998. Kode Etik Pustakawan dalam Kiprah Pustakawan. Jakarta: IPI

International Federation of Library Associations. (2006). The IFLA School Library Guidelines. Diakses dari http://www.ifla.org/VII/s11/pubs/school-guidelines.htm pada tanggal 20 Februari 2024.

Khasanah, Nanan. 2008. Kompetensi Pustakawan di Era Perpustakaan Digital. Disampaikan dalam Pelatihan perpustakaan Digital untuk pustakawan di Lingkungan PMPTK se- Indonesia, Institut Teknologi Bandung.

Fahrizandi. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1). DOI: http://dx.doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160

Moleong, Lexy J. (2017:280-281)). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noerhayati (1987: 1-2) Pengelolaan Perpustakaan. Bandung: Penerbit Alumni.

Nugrohoadhi, A. (2013). Menakar Peranan Pustakawan Dalam Implementasi Teknologi Informasi Di Perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah, 1(2), 101– 114. Retrieved From Http://Journal.UinAlauddin.Ac.Id/Index.Php/Khizanah-Al-Hikmah/Article/View/34/14

Ridwan, & Susanto, S. (2019). Penerapan Aplikasi Slims Akasia Dalam Pelayanan Informasi Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Mataram Periode 2019. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 1(1): 33-53. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/article/view/1505

Rogers, Everett M. (1995). Diffusion of Innovations (Fourth Edition). The Free Press. New York.

Santoso, Jody. 2016. Petunjuk Teknis Alih Data Bibliografi Secara Elektronik Koleksi Buku. Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI

Siregar. M.R.A. 2015. Kompetensi Yang Harus Dimiliki Seorang Pustakawan. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/196919-ID-peran-pustakawan-dalam-menigkatkan-layanan.pdf.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulistyo-Basuki.1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum. Sutopo. (2006) Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Suwartini, S. (2016). Teori Kepribadian Social Cognitive: Kajian Pemikiran Albert Bandura Personality Theory Social Cognitive: Albert Bandura. Al-Tazkiah 5(1), 37–46.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory.

FTK Ar-Raniry Press.

Widijanto, Tjahyono. 2008. Memanfaatkan Teknologi Informasi Perpustakaan Nasional Menjalankan Amanat Undang-Undang Perpustakaan. Visipustaka, Vol. 10 No. 3.

Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Bab 1 Pasal 1 Ayat 1.

Yang, S. Q., & Li, L. (2016). Emerging Technologies For Librarians: A Practical Approach To Innovation. Practical Art Of Motion Picture Sound. Amsterdam: Elsevier.

Published

2024-06-30

How to Cite

Febrina Rizkia Putri, Rosiana Nurwa Indah, & Rifqi Zaeni Achmad Syam. (2024). Kompetensi Pustakawan Dalam Inovasi Transformasi Teknologi Di UPT Perpustakaan Universitas Pasundan. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 7(1), 75–90. https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3256

Issue

Section

Articles

Citation Check