PENGGUNAAN BUKU POP UP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB YPLAB LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Prinanda Gustarina Ridwan Universitas Islam Nusantara
  • Eny Koestini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i1.892

Keywords:

Buku Pop Up, Kemampuan Bahasa, Anak Tunarungu

Abstract

Anak tunarungu adalah anak yang mengalami hambatan pendengaran, sehingga mengakibatkan anak tunarungu kesulitan dalam berbahasa dan melakukan komunikasi dengan lawan bicaranya. Kemampuan bahasa merupakan salah satu bagian terpenting dalam berkomunikasi. Anak tunarungu adalah insan visual dan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu yaitu dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Salah satunya dengan penggunaan media edukatif yaitu buku pop up. Buku pop up merupakan sebuah buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau memiliki unsur 3 dimensi berupa pembuatan mekanis kertas yang dapat membuat gambar tampak secara lebih berbeda baik dari sisi perspektif/dimensi, perubahan bentuk hingga dapat bergerak yang disusun sealami mungkin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak 2 orang tunarungu kelas 2 SDLB di SLB YPLAB Lembang. Hasil dari penelitian bahwa dengan menggunakan buku pop up anak tunarungu mampu meningkatkan kemampuan bahasa. Hal tersebut dapat dilihat dari perbendaharaan kata anak tunarungu semakin meningkat, mampu mengucapkan dan menjelaskan kata secara sederhana. Dengan demikian media buku pop up mampu meningkatkan kemampuan bahasa pada anak tunarungu.

References

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakaya.

Montanato Ann (2011). a concise history of pop-up book and movable books. [online]

Tersedia: www.library.unt.edu/rarebooks/popup

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian-Kualitatif. Bandung. Sinar Grafika.

Syaodih, N Sukmadinata. (2004). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta.

(2010). Buku pop up. [online] Tersedia di: http://www.digilib.its.ac.id

Downloads

Published

2020-07-20

Issue

Section

Articles