MODEL PEMBERDAYAAN RESOURCE CENTER YANG EFEKTIF SEBAGAI SUPPORT SERVICE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK DISABILITAS DI SEKOLAH INKLUSIF DI KOTA DAN KABUPATEN BANDUNG

Emay Mastiani, Dinar Westri Andini, Ranti Novianti, Yoga Budhi Santoso

Abstract


Pendidikan lnklusif adalah pendidikan yang menggunakan teknik berpusat pada anak, pembelajaran aktif dan partisipatif yang dapat meningkatkan kapasitas guru untuk mengajar anak-anak, baik disabilitas dan tanpa disabilitas. Teknik kolaboratif dan partisipatif tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mengurangi labeling dan diskriminasi antara anak-anak. Terlepas dari apakah negara telah mengadopsi pendidikan inklusif sebagai mandat nasional atau masih dalam tahap percontohan, Pendidikan inklusif memiliki dampak positif pada semua guru dan anak-anak di sekolah yang berpartisipasi. Dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan dan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dari masing-masing anak maka perlu kiranya memberikan pengetahuan kepada guru untuk bisa menjadi fasilitator di dalam kelas sehingga semua anak bisa berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Diperlukan adanya dukungan dan kerjasama yang bersifat kolaboratif antara guru sekolah regular dengan guru khusus untuk saling bekerjasama memenuhi kebutuhan seluruh peserta didik terutama anak-anak dengan disabilitas. Dukungan yang diberikan guru khusus tersebut berasal dari sekolah khusus atau pusat sumber yang berada di wilayah-wilayah sekolah inklusif berada. Idelanya guru khusus akan berkunjung secara teratur ke beberapa sekolah inklusif yang menjadi cakupan wilayah dimana sekolah khusus tersebut berada. Sekolah khusus telah didirikan sejak lama dan ketentuan telah dibuat untuk pendidikan terpadu/integrasi. Provinsi Jawa Barat memiliki 44 resource centre dan sekolah khusus ditunjuk sebagai pusat sumber untuk meningkatkan kapasitas guru di wilayah kerjanya. Hanya saja kenyataan di lapangan belum demikian, masih banyak resource centre yang belum menjalankan fungsinya dengan baik. Maka dari itu, lemahnya keberdayaan resource centre dalam upaya memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak dengan disabilitas di sekolah-sekolah inklusif menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu ditemukan model pemberdayaan resource centre yang efektif untuk meningkatkan sungsinya sebagai support service bagi sekolah inklusif di sekitarnya agar dapat memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak dengan disabilitas di sekolah inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model pemberdayaan resource centre yang efektif dalam upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak disabilitas di sekolah inklusif agar nantinya anak dengan disabilitas menjadi berdaya guna sehingga dapat mencapai kemandirian dan kesejahteraan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R & D) dengan exploratory mixed method research design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, diskusi kelompok terfokus dan studi dokumentasi lembar kuesioner/ angket.


Keywords


Resource Center; disabilitas; sekolah inklusif

Full Text:

Untitled

References


Alimin, Z. (2007). Modul Hambatan Belajar dan Perkembangan 1. Bandung: Pascasarjana Prodi Pendidikan Kebutuhan Khusus UPI.

Arends, R. I. 2007. Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. New York : McGraw Hill Companies.

Booth, T and Ainscow, M. Index for inclusion developing learning and participation in schools. CSIE.

Creswell, J.W. 2010. Education Research : Planning, Conducting and Evaluationg Quantitative and Qualitative Research. Boston : Pearson Education.

Creswell, J.W. 2010. Research Design Pendekatan Kuantitatif dan kualitatif dan Mixed. Achmad Fawaid (Penterjemah). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darkenwald, G. & Merriam, S.B. (1992). Adult Education Foundation of Practice. New York: Harper and Row, Publisher.

Drost, S.J.J.I.G. (1998). Sekolah, Mengajar atau Mendidik, Yogyakarta. Kanisius.

Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Wirartha, M. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jse.v2i2.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats