MODEL KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA GURU DAN ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBERIAN PROGRAM ADL (AKTIVITAS KESEHARIAN) DAN POLA ASUH DI SEKOLAH INKLUSIF KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Ranti Novianti Universitas Islam Nusantara
  • Yoga Budhi Santoso Universitas Islam Nusantara
  • Emay Mastiani Universitas Islam Nusantara
  • Dinar Westri Andini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v2i2.163

Keywords:

model komunikasi, anak berkebutuhan khusus pola asuh, activity daily living

Abstract

Berbagai jenis kebutuhan dan bersifat ramah terhadap anak merupakan suatu hal yang harus diperhatikan sebagai referensi dalam memberikan penanganan pada anak-anak disabilitas dan mewujudkan layanan inklusif di masyarakat. Seiring dengan pengembangan pelayanan pada anak berkebutuhan khusus, diperlukan suatu panduan atau modul sebagai penunjang praktek pelayanan anak berkebutuhan khusus di Jawa Barat. Dalam konteks sekolah, banyak pengalaman yang membuktikan dan menunjukkan bahwa anak-anak yang terlihat baik di sekolah berhubungan dengan pengasuhan keluarga dalam memperhatikan pendidikan mereka. Guru dan orang tua dapat saling bertukar informasi tentang pekerjaan sekolah anak dan saling belajar. Dalam rangka memperkuat hubungan antara guru dan orang tua, penting untuk membangun model komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua guna mendukung anak-anak mereka belajar di sekolah maupun di rumah. Ruang lingkup pekerjaan yang dikembangkan sebagai gambaran pemberian  layanan untuk peningkatan kemampuan belajar siswa dengan kebutuhan khusus  melalui peningkatan keterampilan guru dan orang tua dalam mengasuh dan memberikan program aktivitas keseharian pada anak sehingga akan menunjang perkembangan potensi anak-anak mereka. Tujuan jangka panjang dan targes khusus yang ingin dacapai dalam penelitian ini adalah membangun dan menerapkan model komunikasi efektif antara guru dan orangtua ABK dalam pemberian program ADL atau pola asuh di sekolah inklusif Kabupaten Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan melalui tiga tahap penelitian, yaitu: 1) tahap studi pendahuluan, dimana peneliti akan mengumpulkan informasi awal mengenai kondisi obyektif di lapangan (secara empiris) dan mengkajinya dengan melakukan studi literatur (secara teoritis); 2) tahap perencanaan model; 3) tahap penerapan model

References

Alimin, Z. (2007). Modul Hambatan Belajar dan Perkembangan 1. Bandung: Pascasarjana Prodi Pendidikan Kebutuhan Khusus UPI.

Arends, R. I. 2007. Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. New York : McGraw Hill Companies.

Arum, Wahyu Sri Ambar, Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasinya Bagi Penyiapan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Dirjendikti, 2005.

Booth, T and Ainscow, M. Index for inclusion developing learning and participation in schools. CSIE.

Corbett, Jenny, Supporting Inclusive Education a Connective Pedagogy, London and New York: ASCD, 2001.

Creswell, J.W. 2010. Education Research : Planning, Conducting and Evaluationg Quantitative and Qualitative Research. Boston : Pearson Education.

Creswell, J.W. 2010. Research Design Pendekatan Kuantitatif dan kualitatif dan Mixed. Achmad Fawaid (Penterjemah). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darkenwald, G. & Merriam, S.B. (1992). Adult Education Foundation of Practice. New York: Harper and Row, Publisher.

Drapeau, Patti, Differentiated Instruction Making It Work: research-based methods for classroom, USA: Corwin Press, 2004.

Drost, S.J.J.I.G. (1998). Sekolah, Mengajar atau Mendidik, Yogyakarta. Kanisius.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa, Anak Berkebutuhan Khusus, 2006.

(http://www.ditplb.or.id/profile.php?id=55)

Direktorat Pembinaan SLB, Model Pembelajaran dan Pendidikan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, 2006.

(http://www.ditplb.or.id/profile.php?id=55)

Hadi, Yusuf, Sarana dan Prasarana Sekolah Unggulan di DKI Jakarta, 2009.

Krug, Edward A., The secondary School Curriculum, New Jersey: Prentice Hall, 1960.

Karten, Toby J., Inclusion Strategies That Work!: Research-Based Methods for the Classroom, California: Corwin Press, 2005.

Kauffman, Inclusion of all students, Baltimor: Brookes Publishing, 1995.

Karten, Toby J., Inclusion Strategies That Work!: Research-Based Methods for the Classroom, California: Corwin Press, 2005.

Mangunsong, Frida, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Depok Kampus Baru UI: LPSP3, 2009.

Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2018-03-04

Issue

Section

Articles