PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA GAMBAR

Ni Ketut Sri Eka Utari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa tunarungu melalui model pembelajaran langsung bermedia gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan analisis data deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi mengidentifikasi bahan dasar makanan untuk pencapaian mengolah makanan. Subjek penelitian adalah siswa tunarungu jenjang SMPLB pada kelas keterampilan tata boga di SLB B N PTN Jimbaran yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi selama proses pembelajaran, soal tes pengetahuan, dan format penilaian tes kinerja. Pemahaman siswa tunarungu mengidentifikasi bahan dasar makanan untuk pencapaian mengolah makanan dapat dilihat dari hasil tes pengetahuan dan hasil tes kinerja. Hasil tes pengetahuan siswa siklus I menunjukkan sebanyak 60% siswa mendapatkan nilai tes pengetahuan ≥ 75%. Hasil tes kinerja siswa siklus I menunjukan sebanyak 70% mendapatkan nilai tes kinerja ≥ 75%. Hasil tes pengetahuan siswa siklus II menunjukkan sebanyak 90% siswa mendapatkan nilai tes pengetahuan ≥ 75%. Hasil tes kinerja siswa siklus II menunjukkan sebanyak 100% mendapatkan nilai tes kinerja ≥ 75%. Ketuntasan belajar klasikal tes pengetahuan dan tes kinerja siklus II sama-sama mengalami peningkatan sebesar 30% dibandingkan siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengidentifikasi bahan dasar makanan untuk pencapaian mengolah soto ayam Lamongan meningkat dari siklus I ke siklus II sebasar 30% melalui modifikasi resep soto ayam Lamongan bermedia gambar dan penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Keterampilan Tata Boga.

Keywords


Makanan; Resep Bermedia Gambar; Pembelajaran Langsung

Full Text:

Untitled

References


Arends, Richard I. (2001). Learning to Teach 6th Ed. United States of America. New York: The Mc Graw-Hill Company.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Vicenties, Sally de. (2010). Five Learning Strategies to Engage Struggling Students. United States: APTE Inc.

Feddersen, Madison. (2012). “The Differential Effects of Pivotal Response Training and Direct Instruction on Compliance and Self- Students Diagnosed With Autism Spectrum Disorder”. International Journal of English and Education. Volume:1, Issue:2, October 2012.

Gideon Kwesi, Obosu., et, al. (2013). “The Use of Visual Art Forms in Teaching and Learning In Schools for The Deaf in Ghana: Investigating The Practice”. International Journal of Innovative Research and Development. Vol. 2 Issue 5, May 2013.

Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta., & Kustiawan, U. (2001). Media Pembelajaran: Bahan sajian program pendidikan akta mengajar. Malang: FIP UM.

Li, Degao, et. al. (2013). “Deaf and Hard of Hearing Adolescents' Processing of Pictures and Written Words for Taxonomic Categories in a Priming Task of Semantic Categorization”. American Annals of the Deaf Fall 2013 Journal. Vol. 158. Ed. 4. Tahun 2013.

Nur, Mohamad. (2011). Model Pengajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Pradhana, Syukma. (2013). “Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Menanamkan Tanggungjawab Pada Siswa Tunarungu Slb Veteran Sidoarjo”. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 2. Tahun 2013.

Ruyati, Yeyet. (2013). Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu (Disampaikan Pada Kegiatan Pendidikan Kompetensi Guru Bagi Guru SLB Provinsi Bali di PPPPTK TK dan PLB Bandung Tahun 2013. Bandung: PPPPTK TK & PLB

Setiawan, Wawan., dkk. (2010). “Penerapan Model pembelajaran langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)”. Jurnal pendidikan teknologi informasi dan komunikasi. Vol. 3 No. 1/Juni 2010

Soenardi, Tuti dan Tim Yayasan Gizi Kuliner Jakarta. (2013). Teori Dasar Kuliner: teori Dasar Memasak untuk Siswa, Peminat, dan Calon Profesional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wardani, I. G. A. K., dkk. (2002). Pengantar Pendidikan Luar Biasa; Buku Materi Pokok PGSD 4409/3 SKS/Modul 1-9. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wardani, Hernawati, Tati., & Astati. (2002). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Watanabe, Masami., et. al. (2013). “ The Effects of Using Direct Instruction to Teach Coin Counting and Giving Change with a Young Adult: A Case Report”. International Journal of Basic And Applied Science. Vol. 02, No. 01, July 2013, pp. 150-159.

Yuliana, Syukri, M., & Halida. (2014). “Meningkatan Kemampuan Praktek Shalat Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3. No. 10. Tahun 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jse.v2i2.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats