INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKANINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Ayi Najmul Hidayat, Kingking Mutaqien

Abstract


Dosen pengampu mata kuliah psikologi pendidikan memiliki kesempatan yang strategis untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam melaksanakan tugasnya, karena materi mata kuliah psikologi pendidikan sangat erat hubungannya dengan nilai-nilai karakter mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk  mendapatkan gambaran dan membahas integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran mata kuliah psikologi pendidikan pada mahasiswa tunanetra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan penelitian adalah dosen dan mahasiswa tuna netra Prodi PLB FKIP Uninus. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran, dosen pengampu mata kuliah psikologi pendidikan terlebih dahulu memahami karakteristik mahasiswa tunanetra, mengidentifikasi nilai karakter yang akan diintegrasikan, dan merencanakan integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran psikologi pendidikan. Waktu melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi mahasiswa yang melakukan amalan-amalan rutinitas pada hari sebelumnya, mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran psikologi pendidikan, mengungkap masalah mahasiswa tentang karakter  dan memelihara hubungan dengan mahasiswa. Pada akhir pembelajaran dilakukan evaluasi untuk mengamati perubahan perilaku  mahasiswa, mengkomunikasikan, dan mendiskusikan hasil evaluasi tersebut.


Keywords


Integrasi nilai karakter; pembelajaran; psikologi pendidikan

Full Text:

Untitled

References


Culberston. (1982). Character education: Teaching values for life. Chicago:Science Research Associates. Inc.

Gunarto. (2004). Implementasi pendidikan budi pekerti. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, A. S. (2011). Manajemen sekolah berbasis karakter. Disertasi. Bandung. Sekolah Pascasarjana UPI. Tidak diterbitkan.

Lickona, S. & Lewis. (2003). Moral education: character, community, and ideals. Philadelphia: Temple University Press.

Mulya, D. B. & Jayadiputra, Eka. (2012). Pengelolaan sosial budaya sSekolah berbasis karakter (PLSBSBK) di SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Laporan Akhir Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Mulya, D. B. & Hidayat, A. N. (2013). Pengelolaan sosial budaya sekolah berbasis karakter (PLSBSBK) di SMKN 4 Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Laporan Akhir Tahun Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Mulya, D.B. & Karwati, E. (2014). Pengelolaan lingkungan sosial budaya sekolah berbasis karakter (PLSBSBK) di MAN 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Laporan Akhir Tahun Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Karwati, E. & Efendi, G. Y. (2015). Pengembangan karakter siswa melalui pengelolaan iklim sosial budaya sekolah (PKSMPISBS) di SMPN 2 Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Laporan Tahun Terakhir Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Superka, D.P. (2006). A Typology of valuing theories and values education approaches. Doctor of Education Dissertation. University of California, Berkeley.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jse.v3i1.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats