INDIVIDUALIZED EDUCATIONAL PROGRAM DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF
DOI:
https://doi.org/10.30999/jse.v3i1.151Keywords:
Individualized Educational Program, Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Esensi artikel ini menggambarkan Individualized Education Program (IEP) atau dalam bahasa disebut program pendidikan Individual (PPI) dalam implementasi pendidikan inklusif yaitu pendidikan untuk semua. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah memaparkan PPI sebagai alat profesional bagi guru dalam menerapkan sistem pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang berada di sekolah reguler. Makalah ini memaparkan konsep PPI dan implementasinya dalam pendidikan inklusif dengan mengacu pada tujuh langkah proses dalam menyusun program yang sesuai dengan kelebihan dari peserta didik dan berisi lima komponen dalam implementasi pendidikan inklusif.
References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
---------------. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusi: Mengenal Pendidikan Terpadu. Jakarta: Direktorat PLB.
----------------. (2004). Mengelola Kelas Inklusif dengan Pembelajaran yang Ramah Jakarta: Direktorat PLB dan UNICEF.
....................... (2009). Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa.
Lay Kekeh Marthan. (2007). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: Depdiknas-Dikti.
Mulyono Abdulrachman. (2009). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar (Cetakan kedua). Jakarta: Depdikbud kerjasama dengan Rineka Cipta.
N. Dede Khoeriah, (2013). Pengembangan Model Evaluasi Kinerja SD Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Universitas Negeri Yogyakarta.
Situmorang, R., et al. (2004). Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Smith. D.D., & Lucasson. R. (1995). Special Education (2nd ed.). Needham Heights: Allyn and Bacon
Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas-Dikti.