UPAYA GURU DALAM MEMBANTU ANAK DENGAN SELECTIVE MUTISM BELAJAR BERSAMA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30999/jse.v3i1.148Keywords:
Selective Mutism, Upaya Guru, Belajar BersamaAbstract
Tulisan ini adalah laporan mengenai sebuah studi kasus di TK Salsabila Bandung. Tujuan dari studi ini adalah melihat upaya guru dalam membantu anak dengan selective mutism bisa aktif belajar bersama dengan murid-murid lain di kelasnya. Kenyatannya banyak kendala yang diahadapi guru dalam upaya ini. Jumlah guru dan waktu yang terbatas serta sulitnya membangun kerjasama dengan orang tua di rumah menjadi faktor yang sangat menghambat anak dengan selective mutism bisa aktif belajar besama teman-teman sekalasnya.References
Bergman, Lindsey (2013), Treatment for Children with Selective Mutism, Oxford University Press 198 Madison Avenue, New York.
Christopher A. Kearney (2010) Helping Children with Selective Mutism and Their Parents A Guide for School-Based Professionals, Oxford University Press 198 Madison Avenue, New York
Elizur, Y., & Perednik, R. (2003). Prevalence and description of selective mutism in immigrant and native families: A controlled study. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 42(12), 1451-1459.
Manassis, K., Tannock, R., Garland, E. J., Minde, K., McINNES, A. L. I. S. O. N., & Clark, S. (2007). The sounds of silence: Language, cognition, and anxiety in selective mutism. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 46(9), 1187-1195.
Omdal, Heidi (2008), Including children with selective mutism in mainstream schools and kindergartens: problems and possibilities, International Journal of Inclusive Education.
Vecchio, J. L., & Kearney, C. A. (2005). Selective mutism in children: Comparison to youths with and without anxiety disorders. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 27(1), 31-37.