PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB

Authors

  • Ahmad Khori Universitas Islam Nusantara
  • Asri Widya Astuty Universitas Islam Nusantara

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan peneliti tentang kurangnya penguasaan kosakata bahasa Arab siswa yang tentu saja akan berpengaruh terhadap tingkat penguasaan bahasa Arab secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan sebuah alternatif pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui penggunaan media gambar yang diharapkan bisa menarik minat, menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan studi pustaka. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang ada di kelas sembilan MTs Al – Qomary Cicalengka sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 23 orang siswa MTs kelas sembilan. Setelah diperoleh data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Gambaryang diujicobakan kepada siswa tersebut terbukti dapat meningkatkan kosakata bahasa Arab. Hal inidapatdilihat dari hasilnilai rata-rata pretest siswa sebesar 67 yang meningkat menjadi 86 pada posttest Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh nilai thitung sebesar10,11 dengan taraf signifikansi 1% dan derajat kebebasan (d.b) sebesar22, maka diperoleh t tabel sebesar 2,2. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung> t tabel(10,11>2,2). Dengandemikian, hipotesis penelitian ini diterima, maka penggunaan media Gambar dianggap dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Hasil angket dalam penelitian ini menunjukkan 65% siswa berpendapat bahwa pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan media Gambarmenarik. 61% siswa berpendapat bahwa media gambar dapat meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa pada pengajaran kosakata bahasa Arab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa

Author Biographies

Ahmad Khori, Universitas Islam Nusantara

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Asri Widya Astuty, Universitas Islam Nusantara

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ali. (1983). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru Algensindo

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar, (2014). Media Pembelajaran.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Chaer, A. (2007). Linguistik Umum.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (1995) Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : PT. Rineka Cipta Effendy,

Fuad, (2005) Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang : Misykat.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung : PT Citra Aditya Bakti

Purwo. (1997) Pengajaran Kosakata. Bandung : PT. Al – Ma’arif.

Rofi’uddin. (1995). Kunci Penguasaan Bahasa. Jakarta : Arcan

Sadiman, S. Arif, dkk. (1993) Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya.Jakarta : PT. Rajawali.

Sardiman, A.M. (1986) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Pers

Sugiono, (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujana, N., & Rifa’i (2002) Media Pengajaran.Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Syah, Muhibbin, (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2017-11-13

Issue

Section

ARTIKEL