MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES BELAJAR BAHASA ARAB HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MEREKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Cecep Suparman Universitas Islam Nusantara
  • Mardi Hadi Universitas Islam Nusantara
  • Hendar Ibnu Hajar Universitas Islam Nusantara

Abstract

Dari hasil observasi awal Penelitian di Madrasah Aliyah Multazam Kelurahan Padasuka Kota Bandung diperoleh kenyataan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab sangat kurang, hal ini dapat dilihat dari perhatian siswa ketika mengikuti kegiatan belajar bahasa Arab juga dilihat dari perasaan kurang senang ketika mengikuti kegiatan belajar bahasa Arab. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap prestasi yang diperoleh oleh siswa terutama pada mata pelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Multazam Kota Bandung; untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Multazam Kota Bandung; dan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Multazam Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang memberikan gambaran terhadap sebuah objek yang sesuai dengan kenyataannya di lapangan dan terjadi pada masa sekarang. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara penyebaran angket dan tes kepada 40 orang responden siswa Madrasah Aliyah Multazam yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Dari hasil perhitungan statistik, minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab diperoleh angka rata-rata sebesar 3,49 yang menunjukkan sedang, karena berada pada interval 3,5-4,5; prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab diperoleh angka rata-rata sebesar 74,73 yang menunjukkan baik karena berada pada interval 70-79. Dari hasil uji hipotesis, diperoleh harga t hitung (4,50) > t tabel (1,67). Artinya, hipotesis yang diajukan (Ha) diterima. Adapun keterkaitan antara kedua variabel termasuk pada kualifikasi korelasi “sedang” dengan perolehan angka sebesar 0,58 yang berada pada interval 0,41-0,60. Juga dari angka tersebut dihasilkan kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 19%.

References

Anas Sudijono, 2003 Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hadari Nawawi, 1981 Pendidikan dalam Islam. Al-Ikhlas, Jakarta

Muhibbin Syah, 1995 Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Rosdakarya, Bandung.

_____________, 2009, Psikologi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nana Saodih Sukmadinata, 2002, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sardiman A.M, 2010 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo, Jakarta.

Slameto, 199, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara Jakarta.

Sudjana, 1992, Metoda Statistika. Tarsito, Bandung.

Sugiyono, 2003,Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung

Suharsimi Arikunto, 1998, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Bumi Aksara, Bandung.

The Liang Gie, 2004, Cara Belajar yang Efisien. Liberti.

Wayan Nurkancana, 1985, Evaluasi Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya.

Winarno Surakmad, 1990, Pengantar Penelitian Ilmiah (Dasar, Metode dan Teknik), Tarsito, Bandung.

Downloads

Published

2023-03-15

Issue

Section

ARTIKEL