Peran Program Pemberdayaan UMKM dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Desa Klambir Lima, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang

Authors

  • Lambok Manurung Universitas Battuta, Indonesia
  • Etty Harya Ningsi Universitas Battuta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.4021

Keywords:

pemberdayaan masyarakat, UMKM, ekonomi keluarga, digital marketing, inovasi produk, Klambir Lima.

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Desa Klambir Lima, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang dengan tujuan untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu meningkatkan kapasitas usaha dan pendapatan keluarga. Permasalahan utama UMKM di desa ini mencakup minimnya kemampuan manajemen usaha, rendahnya inovasi produk, kurangnya literasi digital, serta lemahnya pencatatan keuangan sederhana. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi survei dan observasi awal, pelatihan dan workshop tematik, pendampingan berkelanjutan, serta evaluasi akhir melalui pre-test, post-test, dan wawancara mendalam. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kompetensi pelaku UMKM, termasuk peningkatan pengetahuan manajemen usaha sebesar 69%, keterampilan inovasi produk sebesar 75%, dan kemampuan digital marketing mencapai 72%. Dampak kegiatan juga mencakup peningkatan pendapatan keluarga rata-rata 15-25% setelah tiga bulan pelaksanaan pendampingan. Kegiatan PKM ini memberikan kontribusi nyata bagi penguatan ekonomi berbasis desa dan menegaskan pentingnya pemberdayaan UMKM sebagai strategi memperkuat ketahanan ekonomi keluarga.

References

Afuah, A. (2018). Innovation Management: Strategies, Concepts, and Tools. Routledge.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). Laporan Perkembangan UMKM Nasional. Jakarta.

Manurung, L. (2022). Kolaborasi Multipihak dalam Penguatan UMKM Berbasis Komunitas. Jurnal Pengembangan Ekonomi Lokal, 5(2), 67–78.

Manurung, L., Ningsi, E. H., & Widodo, S. (2025). The influence of UMKM service and product quality on tourist satisfaction. International Journal of Applied Finance and Business Studies, 13(2), 220-226.

Manurung, L., & Ningsi, E. H. (2025). Penguatan UMKM Melalui Penerapan Manajemen Organisasi di Deli Serdang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 15(1), 56-59.

Nugroho, Y., Rahmawati, E., & Sari, M. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha pada UMKM Desa. Jurnal Abdimas Kreatif, 3(1), 45–55.

Suharto, E. (2020). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Tambunan, T. (2019). UMKM di Indonesia: Tantangan dan Prospeknya. Jakarta: LP3ES.

Wahyuni, S., & Lubis, A. (2021). Literasi Digital dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 112–121.

Widodo, S. (2021). Strategi Pemberdayaan UMKM Berbasis Kapasitas Lokal. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 23–34.

Widodo, S. (2023). Inovasi dan Transformasi Digital UMKM di Era Ekonomi Baru. Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia, 4(2), 55–70.

Published

2025-12-22

How to Cite

Lambok Manurung, & Etty Harya Ningsi. (2025). Peran Program Pemberdayaan UMKM dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Desa Klambir Lima, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 15(2). https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.4021

Issue

Section

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check

Similar Articles

<< < 24 25 26 27 28 29 

You may also start an advanced similarity search for this article.