Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali di SMKN 12 Bandung

Authors

  • Sahidin Sahidin SMK Negeri 12 Bandung, Indonesia
  • Sirojudin Munir SMAN 1 Cikampek, Indonesia
  • Siti Kusnul Khotimah SDN Ciranjang 1 Cianjur, Indonesia
  • Anita Puspana Riss SD Negeri Pasirhonje, Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i2.3439

Keywords:

Implementasi Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Imam Al-Ghazali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Imam Al-Ghazali di SMKN 12 Bandung. Imam Al-Ghazali memaknai akhlak sebagai tatanan yang tertanam kuat dalam jiwa, yang darinya muncul usaha sadar seseorang dalam melakukan hal-hal tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal, karya ilmiah, buku, dan literatur lainnya. Data dianalisis untuk memahami bagaimana konsep akhlak menurut Imam Al-Ghazali diterapkan di SMKN 12 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Imam Al-Ghazali sudah banyak diimplementasikan oleh peserta didik di SMKN 12 Bandung. Praktik-praktik tersebut meliputi pembiasaan shalat dhuha bersama, membaca Al-Qur’an, membaca Asmaul Husna, berinfaq, dan shalat wajib berjamaah. Implementasi pendidikan akhlak berdasarkan perspektif Imam Al-Ghazali telah diterapkan dengan baik di SMKN 12 Bandung, menunjukkan adanya usaha untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang kuat dalam jiwa peserta didik melalui berbagai kegiatan keagamaan rutin. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana nilai-nilai akhlak dapat diintegrasikan dalam sistem pendidikan untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan ajaran Imam Al-Ghazali.

References

Afriantoni. (2015). Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi (Deepublish (ed.); I)

Ahmad Hawassy. (2020). Kajian Akhlak dalam Bingkai Aswaja (1st ed.). PT Naraya Elaborium Optima

Alim, A., & Indra, H. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Tasawuf Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 7 Sawangan Depok. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1652-1666.

Ashari, H. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 23-41.

Didi Supardi, Abdul Ghofur, Mahbub Nuryadien, Konsep Pendidikan Moral Imam AlGhpzali dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Di Indonesia, (Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah IAIN Syekh Nurjati Cirebon: 2016)

Dirsa, A., & Kusumawati, I. (2019). Implementasi Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter. Academy of Education Journal, 10(02), 159-169.

Enang Hidayat. (2019). Penidikan Agama Islam: Integrasi Nilai-Nilai Akidah, Syariah, dan Akhlak (E. Kuswandi (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya

Faizin, M. (2021). Akhlak dan Etika. SAMAWA: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.53948/samawa.v1i2.21

Fajri, Z., & Mukarromah, S. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31-47.

Faza, N. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali; Telaah Kitab Ihya Ulumuddin. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 6(2), 35-51.

Iis Rodiah; M. Djaswidi Al Hamdani. (2018). Konsep Guru dan Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali (Studi Analisi Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin). Tarbiyat Al-Aulad : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 115–132. https://risetiaid.net/index.php/TA/article/view/108

Imam Al-Ghazali. (2011). Ihya Ulumuddin; Menghidupkan Ilmu-Ilmu Agama (I). Republika

Jamal Pangwa. (2021). Dianiaya Puluhan Kakak Kelasnya, 12 Siswa SMAN Unggul Jaya Pidie Kabur dari Asrama. Daerah.Sindonews.Com.

Karman, 2018.Tafsir ayat-ayat pendidikan.Bandung:PT.Rosda Karya

Khasan Basri. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam: seri Antologi Pendidikan Islam. NUSAMEDIA

M Purwadi. (2021). Mengenal Sosok Umar, Inovator Gerakan Sekolah Madrasah Bermartabat Berkelas Dunia. Edukasi.Sindonews.Com.

Putria, N. A. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Pemikiran Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Era Global (Terjemah Kitab Ihya ‘Ulumuddin) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wibowo, A. H. (2020). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Filsafat Al-Ghazali. Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah dan Keislaman, 2(2), 150-160.

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles

Citation Check