Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK As-Solehhiyah: Sebuah Studi Kualitatif

Authors

  • Shella Sulistiawati Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Fatimah Nurul Hayati Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Muhammad Ridwan Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Mochammad Gilang Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i2.3438

Keywords:

Problematika Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tantangan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas problematika dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK As-Solehhiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dengan kepala sekolah, dan guru. Serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa problematika dalam proses pembelajaran PAI, antara lain guru yang kurang disiplin dalam menggunakan waktu dan jarang menggunakan metode pembelajaran yang menarik menjadi salah satu masalah dalam pembelajaran PAI di sekolah ini. Selain itu, masih ada siswa yang belum lancar membaca tulis Al-Qur'an dan fasilitas atau prasarana yang kurang memadai, seperti kekurangan buku PAI dan lab PAI. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya kepala sekolah melakukan penilaian terhadap metode pembelajaran dan melihat sejauhmana siswa memahami materi. Namun, belum ada program konkret untuk meningkatkan kompetensi guru. Untuk masalah siswa, jam mata pelajaran PAI yang kurang ditambah dengan banyaknya materi yang tidak tersampaikan dipecah menjadi dua mata pelajaran. Sementara itu, siswa yang belum bisa membaca tulis Al-Qur'an dipisahkan dan diberikan pendekatan khusus diluar jam pelajaran. Masalah fasilitas, seperti kekurangan buku, ditangani dengan Guru memberikan e-book kepada siswa, sedangkan pemenuhan sarana prasarana masih dalam tahap perencanaan.

References

Abidin, A. R., Latuapo, R., & Abidin, A. M. (2023). Pai Teacher Strategies in Class Management To Improve the Quality of Pai Learning. 8(2).

Buchari Agustini. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705.

Citriadin, Y. (2014). pengantar pendidikan.

dr. ahdar djamaluddin, S. . D. wardana. (2019). belajar dan pembelajaran. In New Scientist (Vol. 162, Issue 2188).

Dr. Hj. St. Rodliyah, M. p. (2021). pendidikann Dan ilmu pendidikan.

Febri, A. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma, 11(1), 187–201.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

lahmuddin lubis, wina arsy. (2020). ilmu pendidikan islam. perdana publishing.

Laila Hamidah Harahap. (2023). Problematika Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Journal of Islamic Education El Madani, 2(2), 93–100. https://doi.org/10.55438/jiee.v2i2.47

Mardiana, Ugi, N., & Budi, S. I. (2022). Motivasi Siswa Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP 13 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Score, 2(1), 32–37.

Muhammad Rifa’i. (2018). Manajement Peserta Didik. In CV. Widya Puspita (Vol. 53, Issue 9).

Nurharirah, S., & Effane, A. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225.

Prihatin, Y., & Diastuti, I. M. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Inklusif & Solusinya. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Ritonga, R., & Khairunnisa. (2024). Problematika Pendidikan Sd.

Sudin, A. (2022). Upaya Meningkatan Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sano Nggoang. JUPE?: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 552–561. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3750

Supriadi, A. A. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur ’ an Bagi Siswa – Siswa SMKN 1 Tebing Tinggi. Edumaniora?: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 01, 292–296.

Suryadi, rudi ahmad. (2018). ilmu pendidikan islam. deepublish.

Susiana, S. (2017). Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 73–88. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).648

Yohana Arifa. (2023). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 28–29.

Yusuf, M. (2018). pengantar ilmu pendidikan. https://doi.org/10.21070/icecrs2020426

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles

Citation Check