Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa

Authors

  • Ulfah Ulfah Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Saeful Anwar Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Teknologi Digital, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat telah menciptakan sebuah era di mana pengetahuan, teknologi, dan informasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan. Evolusi ini mengharuskan lembaga pendidikan tinggi Islam untuk mengadopsi praktik manajemen pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metodologi tinjauan literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa mengintegrasikan teknologi digital ke dalam Pendidikan Islam secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan mahasiswa. Dosen memainkan peran penting dalam membina keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan. Inovasi dalam pembelajaran berbasis teknologi digital melibatkan penemuan, pengembangan, dan penyebaran aplikasi teknologi digital. Komponen-komponen utama seperti konten digital, desain kurikulum, pelatihan dosen, dan infrastruktur pendukung sangat penting untuk keberhasilan penerapan teknologi digital dalam pendidikan. Meskipun teknologi digital meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan efisiensi pembelajaran, peran dosen tetap penting sebagai fasilitator dan manajer proses pembelajaran.

References

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.

Boyd, D., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal for East European Management Studiesof Computer-Mediated Communication, 13, 210–230.

Chand, V. S., Deshmukh, K. S., & Shukla, A. (2020). Why does technology integration fail? Teacher beliefs and content developer assumptions in an Indian initiative. Educational Technology Research and Development, 68, 2753–2774.

Chehade, M. J., Yadav, L., Kopansky-Giles, D., Merolli, M., Palmer, E., Jayatilaka, A., & Slater, H. (2020). Innovations to improve access to musculoskeletal care. Best Practice & Research Clinical Rheumatology, 34(5), 101559.

Duhaney, D. C. (2012). Blended learning and teacher preparation programs. International Journal of Instructional Media, 39(3).

Hanan, A., Marjani, G. I., Suherman, U., Firdaus, A., Albustomi, A. G., Goffary, I., Anwar, S., & Arken, M. R. (2023). Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265(1), 12004.

Khojir, K., Aini, A. N., & Setiawan, A. (2021). Developing Islamic Religious Course Teaching Materials with Intercultural Competence-Based in High Schools in East Kalimantan, Indonesia.

Latchem, C., Jung, I., Aoki, K., & Ozkul, A. E. (2008). The tortoise and the hare enigma in e-transformation in Japanese and Korean higher education. British Journal of Educational Technology, 39(4). https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2007.00771.x

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.

Ramli, M. (2022). Designing Islamic Religious Education Teaching Based on Digital Innovation Creativity at Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 344–354.

Rosyad, A. M. (2019). The urgency of learning innovation on islamic religious study (urgensi inovasi pembelajaran dalam pendidikan agama islam): Learning Innovation, Islamic Religious Study, Learning Method. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 64–86.

Rusdiana, A. (2014). Konsep inovasi pendidikan. Pustaka Setia.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Suroso, A., Hendriarto, P., Mr, G. N. K., Pattiasina, P. J., & Aslan, A. (2021). Challenges and opportunities towards Islamic cultured generation: socio-cultural analysis. Linguistics and Culture Review, 5(1), 180–194.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(2), 83–98.

Talkah, T., & Muslih, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 13–21.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1).

Yumarni, A. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 112–126.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles

Citation Check