Efektivitas Program Pendidikan Karakter di Sekolah: Sebuah Studi Deskriptif Analitis

Authors

  • Shalahudin Ismail Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
  • Aan Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i3.3352

Keywords:

Pendidikan Karakter, Deskriptif Analitis, Evaluasi Pendidikan

Abstract

Implementasi pendidikan karakter di sekolah sangat penting untuk mendorong perkembangan moral dan etika siswa. Meskipun penting, penelitian tentang efektivitas dan evaluasi program-program ini masih terbatas. Penelitian ini mengevaluasi implementasi pendidikan karakter di sekolah dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yang ditandai dengan pengumpulan, analisis, seleksi, dan sintesis data yang sistematis dan konsisten melalui penalaran deduktif. Evaluasi ini mengungkapkan tiga aspek utama: 1) identifikasi dan pengembangan sistem pembelajaran yang dirancang oleh guru, 2) penggunaan pendidikan karakter sebagai alat kontrol dalam manajemen sekolah, dan 3) penyediaan materi untuk pengembangan guru lebih lanjut. Temuan-temuan ini menggarisbawahi pentingnya sistem pembelajaran yang dirancang dengan baik, integrasi ke dalam manajemen sekolah, dan pengembangan guru yang berkelanjutan untuk keberhasilan program pendidikan karakter. Wawasan yang diperoleh dapat menjadi masukan bagi penelitian dan praktik pendidikan karakter di masa depan.

References

Adams, N. E. (2015). Bloom’s taxonomy of cognitive learning objectives. Journal of the Medical Library Association, 103(3). https://doi.org/10.3163/1536-5050.103.3.010

Anwar, S. (2020). Konsep Manusia Sempurna Menurut Muhammad Taqî Misbâh Yazdî. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 4(1). https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i1.9330

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Arikunto, S. (2011). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Bidin, I., Isnaini, M., Mishart, M., Wismanto, W., & Amin, K. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 4(4), 1448–1460.

Domo, D. (2023). Pembelajaran PAI melalui Metode Daring dalam Penguatan Karakter Peserta Didik. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 97–115.

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33–46.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Ifadah, L., Utomo, S. T., & Haris, M. (2019). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Al Ghazali, 2(2), 33–41.

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter. Grasindo.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media.

Lura, H., & Sampelolo, R. (2023). PKM Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi PPGT Di Jemaat Tallungpitu. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 106–113.

Munawar-Rahman, B. (Ed.). (2015). Pendidikan Karakter Buku 1. Paramadina.

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January).

Siswanto, S., & Susanti, E. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–74.

Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib, 21(1). https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744

Downloads

Published

2023-12-20

Issue

Section

Articles

Citation Check