Peran Latihan Berulang dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Pembelajaran PAI di SMP Al-Istiqomah Baleendah

Authors

  • Putri Solehah Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Lutfiyatul Uyun Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Ali Nur Wahid Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Jaenal Hasan Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i3.3337

Keywords:

Pembelajaran Siswa, Metode Drill, Pendidikan Agama Islam, Retensi Memori

Abstract

Penggunaan berbagai metode pedagogis dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Di antara metode-metode tersebut, metode drill, yang melibatkan latihan yang berulang-ulang dan sungguh-sungguh melalui kegiatan lisan, tulisan, dan fisik, sangat menonjol. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan ketangkasan dan kemahiran siswa dalam menguasai materi pembelajaran, memperkuat asosiasi, dan menyempurnakan keterampilan untuk memastikan keabadian. Masalah penting dalam proses pembelajaran adalah rendahnya kapasitas retensi siswa untuk memahami isi pelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi retensi memori lebih dari sekadar kebiasaan belajar yang efektif, tetapi juga mencakup metode pengajaran yang digunakan. Penelitian ini menyelidiki dampak dari latihan yang berulang-ulang dalam meningkatkan daya ingat siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan analitis, penelitian ini menguji efektivitas metode drill dalam meningkatkan retensi memori di kalangan siswa di SMP Al-Istiqomah Baleendah. Temuan dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa metode drill secara signifikan meningkatkan retensi memori siswa dibandingkan dengan metode yang sebelumnya digunakan di IRE. Implementasi metode drill telah menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil yang memuaskan dalam penilaian post-test setelah sesi latihan yang berulang-ulang.

References

Abdul Ismail. (2015). Efektivitas Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pai Sd Inpres Benteng Ii Kab. Kep. Selayar.

Azzahro, Salsabila, & Fitri. (2023). Studi Literatur: Model Pembelajaran PBL dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ProSandika (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 163–176.

Fauziah, S. A., & Suhendi, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 49 Bandung. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 35–44.

Gunanto, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Secara Berkala di SD Negeri Sikalondang FITRAH, 2 (1) 2020. Fitrah, 2(1), 92–114.

Hamid Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, 2, 206–229.

Jannah, Q. M., Lubis, J. A., & Hasibuan, I. S. (2021). Peranan metode pembelajaran drill dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 358–363.

Malang, U. N. (2004). Sudjana , Nana " Dasar-dasar proses belajar mengajar / Oleh Nana Sudjana?; penyunting Harry Suryana ". 371.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.

Rosiyanti, H., & Purnomo, Y. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Teori Behavioristik. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 61–64.

Sagala, S. (2014). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alvabeta.

Tambak, S. (1970). Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614

Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517

Umainingsih, M. B., Alexon, & Kurniah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Memori Untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Prestasi Belajar Matematika (Studi pada siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Ipuh). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 87–97.

Zahroh, I. F., & Rafikoh. (2023). Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas Ib Mi Ma’Arif Nu Cipete. Tematik: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 30–34.

Zaini Miftach. (2018). metode drill. 4(2), 53–54.

Zulfahmi, A Gani, S., & Hidayati, F. (2022). Efektifitas Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.492

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles

Citation Check