Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha dan Tadarus Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa

Authors

  • Karmilah Sari Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Lalan Sahlani Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i2.2940

Keywords:

Pembiasaan, Shalat Dhuha, Tadarus Al-Qur’an, Nilai Karakter

Abstract

Penelitian ini menyelidiki inisiatif pembangunan karakter di MI Al-Gozali melalui kegiatan pembiasaan seperti salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an. Kegiatan-kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai karakter inti pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengamati partisipasi siswa dan guru dalam program salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk menilai dampak dari kegiatan-kegiatan ini terhadap pengembangan karakter. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan yang sudah menjadi kebiasaan ini menumbuhkan beberapa karakter di antara para siswa. Secara khusus, praktik salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an meningkatkan kedisiplinan, karena siswa berusaha untuk datang tepat waktu; religiusitas, menumbuhkan kecintaan dan komitmen untuk beribadah; tanggung jawab, seperti yang terlihat dalam penyelesaian tugas-tugas yang diberikan; dan kemandirian, di mana siswa menjadi tidak terlalu bergantung pada orang lain. Pelaksanaan kegiatan pembangunan karakter di MI Al-Gozali menghasilkan perilaku yang lebih baik di antara para siswa di berbagai konteks, termasuk keluarga, sekolah, dan masyarakat. Program-program ini berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan siswa secara holistik, sejalan dengan tujuan pendidikan sekolah. Pembiasaan salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an di MI Al-Gozali secara efektif mempromosikan nilai-nilai karakter yang penting, yang berkontribusi pada perilaku siswa yang lebih baik secara keseluruhan.

References

Al Mahfani, M. Khalilurrahman, Mukjizat Shalat Dhuha, Jakarta:PT Wahyu Media, Cet.Ke-1 (2018)
Zainal ,Arifin, Penelitian dan Statistik Pendidika, Jakarta: Bumi Aksara,(1993).
Hasa, M.Ikbal, Pokok-Pokok Materi dan Aplikasinya, Jakarta: Galila Indoneisa,(2002).
Sulyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D.
Iqbal, Muhammad, Abu, “Konsep Pemikiran Al-Gozali Tentang Pendidikan”, Madiun: Jaya Star Nine, (2013).
Aqib, Zainal dan Ahmad Amrullah, “Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa”, Yogyakarta: Gava Media,Cet Ke-1 (2017).
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, (2002).
Endris, Atma, “Belajar Dari Guru Terhebat Sepanjang Masa”,(Yogyakarta: Lontar Mediatama, (2018).
Saltut, Syaikh. Ila al-Qur’an al-Karim, Cairo: Dar al-Syuruq (1403H/1983)
Ali ,Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, (1999).
Ihsan ,Hamdani, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, (2002).
Haerana, “Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan”, Yogyakarta: Media Akademi, (2016).
Setyowati, Eni, “Pendidikan Karakter FAST dan Implementasinya di Sekolah”, Yogyakarta: CV Budi Utama, (2019).

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles

Citation Check