Implementasi Pembiasaan Salat Duha dan Tadarus Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Siswa

Authors

  • Karmilah Sari Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Lalan Sahlani Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i2.2940

Keywords:

Pembiasaan, Shalat Dhuha, Tadarus Al-Qur’an, Nilai Karakter

Abstract

Penelitian ini menyelidiki inisiatif pembangunan karakter di MI Al-Gozali melalui kegiatan pembiasaan seperti salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an. Kegiatan-kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai karakter inti pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengamati partisipasi siswa dan guru dalam program salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk menilai dampak dari kegiatan-kegiatan ini terhadap pengembangan karakter. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan yang sudah menjadi kebiasaan ini menumbuhkan beberapa karakter di antara para siswa. Secara khusus, praktik salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an meningkatkan kedisiplinan, karena siswa berusaha untuk datang tepat waktu; religiusitas, menumbuhkan kecintaan dan komitmen untuk beribadah; tanggung jawab, seperti yang terlihat dalam penyelesaian tugas-tugas yang diberikan; dan kemandirian, di mana siswa menjadi tidak terlalu bergantung pada orang lain. Pelaksanaan kegiatan pembangunan karakter di MI Al-Gozali menghasilkan perilaku yang lebih baik di antara para siswa di berbagai konteks, termasuk keluarga, sekolah, dan masyarakat. Program-program ini berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan siswa secara holistik, sejalan dengan tujuan pendidikan sekolah. Pembiasaan salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an di MI Al-Gozali secara efektif mempromosikan nilai-nilai karakter yang penting, yang berkontribusi pada perilaku siswa yang lebih baik secara keseluruhan.

References

Al-Mahfani, K. (2018). Mi’rojul Mukminin Mukjizat Shalat Dhuha. Wahyu Media.

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Gava Media.

Domo, D. (2023). Pembelajaran PAI melalui Metode Daring dalam Penguatan Karakter Peserta Didik. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 97–115.

Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 9(2).

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Resti, R., & Firdaus, A. (2022). Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 160–174.

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Sanjaya, H. W. (2015). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana Prenada Media.

Sauri, S. (2017). Kesantunan Berbahasa Kajian Nilai, Moral, Etika, Akhlak, dan Karakter. Royyan Press.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan (5 ed.). Alfabeta.

Sumardi Suryabrata. (2006). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Susantika, I., & Umam, H. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Jujur Siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15–34.

Terry, G. R., & Leslie W, R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Warman, W., Nurlaili, N., Lorensius, L., Sanda, Y., Sutriyanto, A., Kristianus, K., Sukur, P., Rejeki, S., Nurlaelah, N., & Fatcholis, F. (2022). Perilaku Organisasi di Bidang Pendidikan. Jejak Pustaka.

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles

Citation Check