Penggunaan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII di Mts Sa As-Solehhiyah Bojongsoang
DOI:
https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i2.2817Keywords:
Model Team Games Tournament, Hasil Belajar, Akidah AkhlakAbstract
Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di MTs SA As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diamati, yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang stagnan. Data di lapangan menunjukkan bahwa hanya sepuluh persen dari dua puluh empat guru yang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, dan dari empat puluh enam siswa, hanya sepuluh orang yang lulus, sementara tiga puluh enam orang tidak lulus karena nilai yang tidak memuaskan. Temuan ini mengindikasikan perlunya modernisasi pendidikan melalui model pembelajaran TGT. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang diajar dengan menggunakan model TGT dibandingkan dengan model konvensional, 2) mengidentifikasi perbedaan hasil belajar kognitif antara kedua model tersebut, dan 3) membandingkan kemampuan kognitif awal antara kelas eksperimen (TGT) dan kelas kontrol (konvensional) pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan post-test (delapan butir soal). Analisis data menggunakan independent sample t-test untuk tujuan pertama dan kedua, serta uji Mann-Whitney untuk tujuan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat perbedaan hasil kognitif awal antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (signifikansi 0,000); 2) terdapat perbedaan hasil kognitif akhir (signifikansi 0,000); dan 3) terdapat perbedaan peningkatan kognitif (signifikansi 0,000).
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindi.
Dahar, R. . (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 118.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi AnalisisMultivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyanto, A. (2019). Team Games Tunament (TGT) & JIGSAW melalui pendekatan saintifik (1st ed.). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.
Hartono, R. (2013). Ragam model dan strtegi mengajar yang mudah diterima murid (A. A. Mutaqin (ed.)). Yogyakarta: KAKTUS.
Huda, M. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Husin, B. I. (2018). Strategi Cooverative Learning Dalam Prespektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah AL MADRASAH, 3(1), 10.
Lailatul Mufidah, B. (2015). Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kediri: Institut Agama Islam Tribakti, 1, 1.
Matondang, Z. (2009). Pengujian Homogenitas Varians Data. Medan: Taburasa PPS UNIMED.
Meltzer, D. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Grains in Physic: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostice Pretest Scores. American Jounal Physics, 70(12).
Rahman, M. L. (2020). “Model Pemgembangan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Philip. B. Crosby,.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2, No. 1.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. In Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, R. E. (2013). Model-model pengajaran & pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 13.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Peaktik). Bandung: Nusa Media.
Solihin, R. (2021). Akidah Akhlak Dalam Presfektif Pembelajaran di Madrasan Ibtidaiyah (Abdul (ed.); 1st ed.). Indramayu: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (T. Surjaman (ed.); 19th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. dan A. R. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 7.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta (2nd ed.).
Sunenti, H. I. R. dan D. (2017). Stategi Pembelajaran Pembelajaran, PQ4R, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 4(1), 85–96.
Suyanto, A. D. (2012). Bagaimana menjadi calon guru dan guru profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ulul Albab: Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Ulul Albab Jurnal Pendidikan Agama Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.