Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2796Keywords:
Kewibawaan Guru, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Kewibawaan guru PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. 2) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. 3) Untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional yang bersifat ex post facto. Sampel dalam penelitian ini yakni 104 responden. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kewibawaan guru PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini diperoleh dari hasil statistik uji regrensi dengan nilai t hitung sebesar 2.056 dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 lebih kecil dari 0,05 dan koefisien regrensi mempunyai nilai sebesar 171, maka hipotesis penelitin ini terbukti yaitu “Kewibawaan guru PAI terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. Keterbatasan penelitian ini adalah masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa di SMP BP Al-Masthuriyah tetapi tidak diteliti di penelitian ini, seperti motivasi belajar, fasilitas sekolah dan persepsi peserta didik. Variabel-variabel tersebut disarankan untuk diteliti pada penelitian selanjutnya. Orisinalitas penelitian ini adalah belum ada penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi motivasi kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti kewibawaan guru di SMP BP Al-Masthuriyah.
References
Amiruddin, A., Nurdin, N., & Ali, M. (2021). Islamic Education Teacher Communication Strategy in Increasing Students ’Learning Interest. International Journal Of Contemporary Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.24239/ijcied.vol3.iss1.31
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.
Budiana, I. (2022). Menjadi Guru Profesional di Era Digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161.
Huda, M. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139.
Nisa, H. U., Nurbaeti, R. U., & Budiana, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1528–1535.
NISWAH, K. (2019). Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018.
Nurrohman, W. (2018). Pengaruh Kewibawaan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa Dimadrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Timur. IAIN Metro.
Pidria, L., Ayu, N. G. S. N., & Qairani, Z. (2023). Pengaruh Kewibawaan Pendidik terhadap Peserta Didik dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 1–15.
Purwanto. (2019). Teori dan Praktik Manajemen Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Rowiya, N., & Natuna, D. A. (2022). Kewibawaan Guru Profesional Dalam Pembelajaran Era Digital. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 6(1), T11–T11.
Saputra, I. (2017). Pengaruh Kewibawaan Guru terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Universitas Islam Negeri Makassar.
Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing the Challenges and Opportunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3). https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.454
van Manen, M., & van Manen, M. (2020). Martinus J. Langeveld. In Classic Writings for a Phenomenology of Practice (hal. 94–101). Routledge.
Walid, A., & Taba, Y. (2022). Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Kerajinan Belajar Siswa. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 89–107.
Wardan, K. (2022). Psikologi Pendidikan (Konsep Dasar, Teori, dan Implikasinya dalam Pembelajaran). CV Literasi Nusantara Abadi.
Zakiah, K. (2005). Penelitian Etnografi Komunikasi : Tipe dan Metode. 56, 181–188.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Ulul Albab Jurnal Pendidikan Agama Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.