Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 49 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.30999/ulul%20albab.v1i1.2795Keywords:
Model Discovery Leaning, Regresi Linear Sederhana, Kemampuan Berfikir KreatifAbstract
Penelitian ini berfokus pada masalah siswa yaitu siswa kurang mandiri saat proses pembelajaran dan hanya menunggu perintah guru, dan kurangnya pengetahuan bagaimana cara untuk kreatif dalam pembelajaran.tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui Model Discovery learning di SMP Negeri 49 Bandung 2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negei 49 Bandung 3) Untuk mengetahui pengaruh Model Discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 49 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik atau dalam pengambilan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan samppelnya menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif dan pengujian hipotesis uji t, untuk mengetahui besarnya pengaruh varabel tanggapan siswa tentang discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif, peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dalam penelitian ini yakni, hasil pengujian statistik deskriptif pada variabel (X) tanggapan siswa tentang model discovery learning mendapatkan hasil rata-rata sebesar (48,97) dengan di kategorikan cukup , hasil pengujian statistik deskriptif pada variabel (Y) kemampuan berfikir kreatif (49,43) di kategorikan cukup, Hasil dari pengujian statistik yang menggunakan SPSS 20 pada tanggapan siswa tentang model discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa diperoleh nilai t hitung nya = 2,025 < 2,048 = t tabel, dan sig. = 0,052 > 0,05 (5%) jadi Ho di terima, ini berarti tanggapan siswa tentang discovery learning tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif, berdasarkan besarnya R square 88%, jadi 88% di pengaruhi oleh sebab-sebab lain bukan dipengaruhi oleh model discovery learning.
References
Atmojo, I. R. W. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA 1. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 130–139.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. 35.
Jesika Dwi Putriani, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, 831–838.
Munandar, S. C. U. (1985). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah: penuntun bagi guru dan orang tua. Gramedia.
Pramesty, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022).
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of Critical Multiliteration Model With Radec Model on the Ability of Writing Explanatory Text. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17445
Silins, H., & Mulford, B. (2010). Re-conceptualising school principalship that improves student outcomes. Journal of Educational Leadership, Policy and Practice, 25(2).
Solihat, I. S. R., & Sulastri, N. (2023). Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Hibrid di MIS Fitrah Insani Leles Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 28–38.
Sudirja, A. M., & Roziqin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 49–58.
Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing the Challenges and Opportunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3). https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.454
Wicaksono, A., & Roza, A. S. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Garudhawaca.
Yusuf, M. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.
Atmojo, I. R. W. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA 1. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 130–139.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. 35.
Jesika Dwi Putriani, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, 831–838.
Munandar, S. C. U. (1985). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah: penuntun bagi guru dan orang tua. Gramedia.
Pramesty, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022).
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of Critical Multiliteration Model With Radec Model on the Ability of Writing Explanatory Text. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17445
Silins, H., & Mulford, B. (2010). Re-conceptualising school principalship that improves student outcomes. Journal of Educational Leadership, Policy and Practice, 25(2).
Solihat, I. S. R., & Sulastri, N. (2023). Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Hibrid di MIS Fitrah Insani Leles Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 28–38.
Sudirja, A. M., & Roziqin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 49–58.
Sugianto, A., & Ulfah, N. (2020). Construing the Challenges and Opportunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic: English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3). https://doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.454
Wicaksono, A., & Roza, A. S. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Garudhawaca.
Yusuf, M. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Ulul Albab Jurnal Pendidikan Agama Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.