Analisis Lingkungan Eksternal UMKM Kuliner Jajanan Lokal

Authors

  • Rahmi Rismayani Dewi Universitas Islam Nusantara, Indonesia

Keywords:

analisis, ancaman, peluang, lingkungan eksternal, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Namun, masih terdapat banyak kendala untuk berkembangnya suatu UMKM. Salah satunya seperti UMKM Kuliner Jajanan Lokal, UMKM Kuliner Jajanan Lokal memerlukan strategi yang sesuai untuk tetap bertahan di tengah-tengah persaingan dengan melakukan analisis SWOT (lingkungan eksternal). Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor ancaman dan peluang terhadap UMKM Kuliner Jajanan Lokal serta strategi yang tepat demi meningkatkan daya saing UMKM Kuliner Jajanan Lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Kuliner Jajanan Lokal memiliki beberapa peluang, seperti lokasi usaha yang strategis, daya tarik masyarakat yang tinggi, net-working yang baik, pemanfaatan e-commerce, dan hubungan baik dengan pembeli atau pemasok. Berdasarkan analisis lingkungan eksternal, strategi yang dapat dilakukan oleh UMKM Kuliner Jajanan Lokal adalah fokus pada kualitas produk atau layanan, pemasaran dan branding yang efektif, penetrasi pasar dan segmentasi, memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, peningkatan efisiensi operasional, diferensiasi, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan pelanggan yang unggul, dan manajemen keuangan yang baik.

References

David, F.R., & David, F.R. (2005). Manajemen Strategi. Buku I. Diterjemahkan oleh Paulyn Sutlistio. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Toreh, C.E, Gantini, T., & Sujadi, S.F. (2023). Analisis Brand Awareness pada Brownitz dengan Menerapkan Metode AIDA. Jurnal Strategi. 5(1), 265-270.

Fitriani, N., & Sugiyanto, E.K. (2020). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal pada UKM Premium Plus Laundry Cabang Mulawarman Semarang. Majalah Ilmiah Solusi. 18(4), 18.

Hamidy, F., Pasha, D., Sulistiani, H., Rahmanto,Y., & Rahayu, M. (2023). Pelatihan Video Iklan Produk dan Strategi Pemasaran Digital di SMKN 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service. 4(1), 137-140.

Heizer, J., & Render. (2015). Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta : Salemba Empat.

Kuncoro, M. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta : Erlangga.

Sarfiah, S.N, Atmaja, H.E., & Verawati, D.M. (2019). UMKM sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan. 4(2), 138.

Prawiro, M. (2018). Analisis SWOT: Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya di https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html (akses 30 Mei 2023)

Zaelani, I.R. (2019). Peningkatan Daya Saing UMKM Indonesia : Tantangan dan Peluang Pengembangan IPTEK. Jurnal Transborders. 3(1), 16.

Sari, K., Nurliza., Fatimah, M.F.N, Melvia, V., & Mustika, A. (2021). Analisis Lingkungan Eksternal dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada PT. Telkom Indonesia Tbk. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2). 3051- 3053.

sa, D. (2014). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan. Jurnal Sosiologi. 16(2), 103-10.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Rismayani Dewi, R. (2024). Analisis Lingkungan Eksternal UMKM Kuliner Jajanan Lokal. TEKNOLOGI NUSANTARA, 6(2), 111–119. Retrieved from https://ojs.uninus.ac.id/index.php/TEKNOLOGINUSANTARA/article/view/3340

Citation Check