Pengenalan Tabel Periodik Berbasis Game 3d Pada Media Pembelajaran Kimia Mahasiswa Farmasi Studi Kasus Universitas Darussalam Gontor(Unida)
Keywords:
Media Pembelajaran, Game 3D, Tabel Periodik, First person shooter, Unreal EngineAbstract
Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting untuk mempermudah aktivitas pembelajaran di dalam kelas maupun belajar mandiri bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bagi mahasiswa farmasi yaitu tabel periodik dari periode 1-8A.Mengingat belum tersedianya media pembelajaran berbasis game 3D yang mendukung pengajaran kimia, khususnya tabel periodik. Berdasarkan analisis kebutuhan, metode System Development Life Cycle (SDLC) digunakan dalam penelitian ini, mulai dari tahap analisis hingga implementasi.Game tersebut dikembangkan menggunakan perangkat lunak Blender 3.5 dan Unreal Engine. Penelitian ini bertujuan untuk menambah media pembelajaran bagi mahasiswa yang mempelajari tabel periodik dan kimia organik melalui pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dilakukan uji coba atau testing menggunakan metode Black Box agar game dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya.Penelitian ini dapat mengembangkan game dengan konten tabel periodik dan juga terdapat halaman quiz yang dapat meninjau kemampuan mahasiswa dengan skor dari menjawab soal pada halaman quiz.
References
Johanes Fernandes Andry, H. (2017). Menggunakan Otomatisasi Pencadangan dan Pemulihan dari Bencana pada Sistem Informasi Universitas. Kemajuan dalam Penelitian Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, volume 134, 1-8.
Melati Muliatul Hikmah, d. (2022). CHEMAR (Chemistry Augmented Reality) Pada Sistem Periodik Unsur Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia 11 No. 2, 221-30.
Puspasari, A. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMKN 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9 No. 1, 96-108.
Sari, Y. (2023). Analisis Pendahuluan Sebagai Dasar Pengembangan Modul Kimia Organik Bermuatan Hasil Riset Untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia. 956-68.
Suardika, I. G. (2024). Game 3D MMORPG Sebagai Media Pembelajaran Cerita Rakyat. 305-23. Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, 1-5.
Warningsih. (2021). Animasi Interaktif Pengenalan Tabel Periodik Unsur Kimia Berbasis Android Untuk Sekolah Menengah Atas. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security 10 No. 3, 153-60.
Yenti, A. H. (2021). Desain Uji Coba Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (Rpg) Pada Materi Laju Reaksi. Jedchem (Journal Education and Chemistry) 3 No. 1, 4-10.