PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK TKIT CAHAYA HATI BERBASIS AUGMENTED REALITY

Authors

  • Dihin Muriyatmoko Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Faisal Reza Pradana Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Hikmah Muthi’ah Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

Keywords:

Augmented Reality, TKIT Cahaya Hati, Hijaiyah

Abstract

Pembelajaran hijaiyah pada anak usia dini merupakan langkah penting dalam membentuk fondasi kuat dalam pendidikan agama Islam. Pembelajaran hijaiyah di TKIT Cahaya Hati memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menghadirkan metode belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak. Dengan teknologi AR, anak-anak dapat melihat dan berinteraksi dengan huruf-huruf hijaiyah secara tiga dimensi, yang tidak hanya meningkatkan daya tarik tetapi juga memperkuat pemahaman dan daya ingat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi AR yang dirancang khusus untuk membantu anak di TKIT Cahaya Hati dalam belajar hijaiyah . Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur audio pada saat menampilkan hijaiyah dalam bentuk AR yang membantu dalam mengingat hijaiyah, serta bentuk hijaiyah menggambarkan bentuk benda yang ada di sekitar yang membuat belajar hijaiyah menjadi menarik. Hasil awal menunjukkan bahwa penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran hijaiyah mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan mempercepat proses belajar. Implementasi ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk pendidikan agama di masa depan.

References

Akbar, F. K., & Irawan, R. H. (2021). Markerless Augmented Reality Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Siswa TK Pertiwi Baron.

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023).

Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5205

Puspita Sari, A., Irtika, R., Dwi Anugrah, D., & Cahya Puspita, M. (2024). ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK KANAK ANGGREK KECAMATAN SUKARAMI PALEMBANG. HYPOTHESIS : Multidisciplinary

Journal Of Social Sciences, 3(01), 222–231. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v3i01.884

Yusuf, R. N., & Nuraeni, E. D. (n.d.). URGENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK.

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (n.d.). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Dihin Muriyatmoko, D. M., Faisal Reza Pradana, F. R. P., & Hikmah Muthi’ah, H. M. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK TKIT CAHAYA HATI BERBASIS AUGMENTED REALITY. TEKNOLOGI NUSANTARA, 6(2), 48–55. Retrieved from https://ojs.uninus.ac.id/index.php/TEKNOLOGINUSANTARA/article/view/3329

Citation Check