PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Penulis

  • Eliva Sukma Cipta
  • Etep Rohana
  • Epriyana .

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v15i1.579

Abstrak

Arikel ini membahas temuan eksperimen melalui Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Tujuannya untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Subjek penelitian
ini sebanyak 36 orang siswa. Intrumen yang digunakan seperangkat tes pilihan
ganda dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menemukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik melalui media audio visual pada setiap siklus secara
keseluruhan dikategorikan baik.

Referensi

Sadiman, Arief S, dkk, 2012, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafi ndo Persada.

Sutikno, Sobry, 2009, Belajar dan Pembelajaran; upaya kreatif dalam mewujudkan pembelajaran yang berhasil, Bandung: Prospect Bandung.

Faturrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, 2011, Bandung: Strategi Belajar Mengajar; Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refl ika Aditama.

Susanto, Ahmad, 2013, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, Ngalim, 2013, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Setia.

Majid, Abdul, 2014, Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2019-08-14

Cara Mengutip

Cipta, E. S., Rohana, E., & ., E. (2019). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Media Nusantara, 15(1), 61–68. https://doi.org/10.30999/medinus.v15i1.579

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check