Konstruksi Sosial Pada Pemberitaan CNBC Indonesia Kisruh Formula-E Menggunakan Analisis Framing
DOI:
https://doi.org/10.30999/lantera.v2i1.2697Keywords:
Konstruksi Sosial, Analisis Framing, Pemberitaan MediaAbstract
Penelitian ini hendak melihat konstruksi sosial pada pemberitaan dengan menggunakan analisis framing. Metode yang digunakan adalah kualitatif analisis deskriptif melalui teknik trianggunasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pembingkaian realitas sosial melalui media massa melibatkan konstruksi realitas sosial dengan menggunakan paradigma konstruktiv-isme. Bahasa memainkan peran penting dalam konstruksi realitas sosial, di mana media massa menggunakan framing untuk membentuk persepsi dan pemahaman audiens terhadap isu atau peristiwa yang dilaporkan. Framing melibatkan seleksi isu, penonjolan aspek, definisi masalah, diagnosis penyebab, pembuatan keputusan moral, dan rekomendasi penyelesaian. Pembingkaian berita dapat mempengaruhi cara audiens memahami dan merespons isu-isu tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang konstruksi sosial dalam pemberitaan tentang konflik Formula-E di CNBC Indonesia. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang framing media, kita dapat menjadi pembaca yang lebih kritis dan mampu mengidentifikasi kecenderungan atau bias yang mungkin ada dalam pemberitaan. Penelitian ini juga dapat memberikan sumbangan penting dalam bidang studi media dan komunikasi dalam konteks konstruksi sosial.
References
Barker, C. (2002). Making Sense of Cultural Studies: Central Problems and Critical Debates. Sage Publications.
Berger, P. L. (1991). Langit Suci, Agama sebagai Realitas Sosial. LP3ES.
Berger, P. L., & Luckman, T. (2013). Tafsir Sosial atas Kenyataan. In H. Basari (Penerj.), Tafsir Sosial Atas Kenyataan. LP3ES.
Bourdieu, P. (1977). Outline of a Theory of Practice. Cambridge University Press.
Bungin, B. (2002). Konstruksi Sosial Media Massa : Kekuatan Pengaruh Media massa, Iklan televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L Berger &Thomas Luckman. Kencana Prenada Media.
Entman, R. M. (1993). Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm. Journal of Communication, 43(4). https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.1993.tb01304.x
Eriyanto. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS.
Nasution, R., & Fadilla, R. (2019). Analisis Framing Tentang Pemberitaan Hoax Ratna Sarumpaet di Kompas.com dan Republika Online Rentang Waktu 02-05 Oktober 2018. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2).
Ningrum, E. S., & Kusnarto, K. (2021). Fenomena Stay at Home Dad dalam Film The Intern (Analisis Framing Robert N Entman). ETTISAL : Journal of Communication, 6(1). https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i1.6023
Novita, I., Nur, I., & Rose, T. (2021). Konstruksi Realitas Media (Analisis Framing Pemberitaan UU Cipta Kerja Omnibus Law dalam Media Online Vivanews dan Tirto.id ). Jurnal Health Sains, 2(1). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i1.162
Pinontoan, N. A., & Wahid, U. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas.Com Dan Jawapos.Com. Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 12(1), 11–24. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.9928
Poloma, M. M. (1984). Sosiologi Kontemporer,. Rajawali Press.
Rakhmat, J. (2014). Metodologi Penelitian Komunikasi. Remaja Rosda Karya.
Sobari, T., & Purnama, A. (2020). Analisis Framing pada Koran Pikiran Rakyat dan Kompas.com. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(2).
Sofian, A., & Lestarini, N. (2021). Analisis framing pemberitaan tentang kebijakan pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 (Analisis framing model Robert N. Entman pada media online Koran. tempo. co Edisi Maret 2020). Commicast, 2(1), 58–70.
Tamburaka, A. (2010). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. UPI Press.
Wirawan. (2012). Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigman (Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial). Praneda Media.
Zulaikha, N. H. (2019). Analisis Framing Pemberitaan Pilgub Jawa Timur 2018 pada Situs Berita Daring Indonesia. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 91–110.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 LANTERA: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Lantera Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.