Konstruksi Sosial Pada Pemberitaan CNBC Indonesia Kisruh Formula-E Menggunakan Analisis Framing

Authors

  • Sekar Arum Mandalia Terkom University Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/lantera.v2i1.2697

Keywords:

Konstruksi Sosial, Analisis Framing, Pemberitaan Media

Abstract

Penelitian ini hendak melihat konstruksi sosial pada pemberitaan dengan menggunakan analisis framing. Metode yang digunakan adalah kualitatif analisis deskriptif melalui teknik trianggunasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pembingkaian realitas sosial melalui media massa melibatkan konstruksi realitas sosial dengan menggunakan paradigma konstruktiv-isme. Bahasa memainkan peran penting dalam konstruksi realitas sosial, di mana media massa menggunakan framing untuk membentuk persepsi dan pemahaman audiens terhadap isu atau peristiwa yang dilaporkan. Framing melibatkan seleksi isu, penonjolan aspek, definisi masalah, diagnosis penyebab, pembuatan keputusan moral, dan rekomendasi penyelesaian. Pembingkaian berita dapat mempengaruhi cara audiens memahami dan merespons isu-isu tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang konstruksi sosial dalam pemberitaan tentang konflik Formula-E di CNBC Indonesia. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang framing media, kita dapat menjadi pembaca yang lebih kritis dan mampu mengidentifikasi kecenderungan atau bias yang mungkin ada dalam pemberitaan. Penelitian ini juga dapat memberikan sumbangan penting dalam bidang studi media dan komunikasi dalam konteks konstruksi sosial.

References

Barker, C. (2002). Making Sense of Cultural Studies: Central Problems and Critical Debates. Sage Publications.

Berger, P. L. (1991). Langit Suci, Agama sebagai Realitas Sosial. LP3ES.

Berger, P. L., & Luckman, T. (2013). Tafsir Sosial atas Kenyataan. In H. Basari (Penerj.), Tafsir Sosial Atas Kenyataan. LP3ES.

Bourdieu, P. (1977). Outline of a Theory of Practice. Cambridge University Press.

Bungin, B. (2002). Konstruksi Sosial Media Massa : Kekuatan Pengaruh Media massa, Iklan televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L Berger &Thomas Luckman. Kencana Prenada Media.

Entman, R. M. (1993). Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm. Journal of Communication, 43(4). https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.1993.tb01304.x

Eriyanto. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS.

Nasution, R., & Fadilla, R. (2019). Analisis Framing Tentang Pemberitaan Hoax Ratna Sarumpaet di Kompas.com dan Republika Online Rentang Waktu 02-05 Oktober 2018. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2).

Ningrum, E. S., & Kusnarto, K. (2021). Fenomena Stay at Home Dad dalam Film The Intern (Analisis Framing Robert N Entman). ETTISAL : Journal of Communication, 6(1). https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i1.6023

Novita, I., Nur, I., & Rose, T. (2021). Konstruksi Realitas Media (Analisis Framing Pemberitaan UU Cipta Kerja Omnibus Law dalam Media Online Vivanews dan Tirto.id ). Jurnal Health Sains, 2(1). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i1.162

Pinontoan, N. A., & Wahid, U. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas.Com Dan Jawapos.Com. Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 12(1), 11–24. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.9928

Poloma, M. M. (1984). Sosiologi Kontemporer,. Rajawali Press.

Rakhmat, J. (2014). Metodologi Penelitian Komunikasi. Remaja Rosda Karya.

Sobari, T., & Purnama, A. (2020). Analisis Framing pada Koran Pikiran Rakyat dan Kompas.com. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(2).

Sofian, A., & Lestarini, N. (2021). Analisis framing pemberitaan tentang kebijakan pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 (Analisis framing model Robert N. Entman pada media online Koran. tempo. co Edisi Maret 2020). Commicast, 2(1), 58–70.

Tamburaka, A. (2010). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. UPI Press.

Wirawan. (2012). Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigman (Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial). Praneda Media.

Zulaikha, N. H. (2019). Analisis Framing Pemberitaan Pilgub Jawa Timur 2018 pada Situs Berita Daring Indonesia. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 91–110.

Published

2023-07-26

Issue

Section

Articles

Citation Check