Penguatan Numerasi dan Literasi Digital Bagi Guru dan Calon Guru Matematika

Authors

  • Sardin Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Wilda Syam Tonra Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Roni Priyanda Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Hesty Marwani Siregar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Talisadika Serrisanti Maifa Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rani Martalisa Taorina Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Iryana Muhammad Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rima Aksen Cahdriyana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Reni Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Puji Savvy Dian Faizati Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Willy Abdul Ghany Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Finola Marta Putri Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Marhami Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Wahyu Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Bobbi Rahman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rindi Antika Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Al Jupri Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3567

Abstract

Kemampuan numerasi pelajar sangat penting untuk menangani masalah matematika yang muncul dalam aktivitas sehari-hari. Hasil PISA dan penelitian ahli menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa Indonesia sangat rendah. Dalam Revolusi Industri 4.0, teknologi dalam pendidikan matematika sangat penting. Teknologi dalam pendidikan tidak semata-mata bergantung pada alat dan aplikasinya, tetapi juga pada bagaimana guru menggunakannya. PkM ini bertujuan untuk membantu guru dan calon guru matematika memperkuat numerasi dan literasi digital. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi adalah tahapan kegiatan PkM ini. PkM ini dilaksanakan secara online melalui pertemuan Zoom. Materi yang disampaikan adalah numerasi dan literasi digital matematika. Berdasarkan hasil evaluasi melalui pretest, posttest, angket literais digital, dan angket kepuasan kegiatan, diperoleh dampak pelatihan bagi peserta yaitu (1) Penguatan materi numerasi memiliki dampak positif terhadap pemahaman konsep numerasi peserta PkM. Hal ini terlihat dari persentase dari jumlah peserta yang menjawab benar pada posttest lebih banyak daripada persentase jumlah peserta yang menjawab benar pada pretest; (2) Penguatan materi literasi digital memiliki dampak positif terhadap keterampilan digital (digital skill) peserta. Hal ini terlihat dari angket literasi digital yang menunjukkan indikator digital skill mendapatkan nilai tertinggi dibandingkan dengan tiga indikator literasi digital lainnya; (3) Pelatihan memberikan motivasi bagi guru dan calon guru untuk merancang pembelajaran yang mendukung kemampuan numerasi siswa dan mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran.

Published

2024-12-18

How to Cite

Sardin, Wilda Syam Tonra, Roni Priyanda, Hesty Marwani Siregar, Talisadika Serrisanti Maifa, Rani Martalisa Taorina, Iryana Muhammad, Rima Aksen Cahdriyana, Reni Nuraeni, Puji Savvy Dian Faizati, Willy Abdul Ghany, Finola Marta Putri, Marhami, Wahyu Setiawan, Bobbi Rahman, Rindi Antika, Al Jupri, & Dadang Juandi. (2024). Penguatan Numerasi dan Literasi Digital Bagi Guru dan Calon Guru Matematika. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(2). https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3567

Issue

Section

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check