Edukasi Kesehatan Daring: Bersama Cegah Depresi dan Deteksi Dini Depresi Dengan Beck Depression Inventory Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3559Abstract
Usia mahasiswa termasuk dalam fase emerging adulthood yang berpotensi tinggi untuk mengalami ketidakstabilan psikologis akibat banyaknya perubahan di masa transisi. Tahun-tahun kuliah merupakan periode usia puncak timbulnya depresi, khususnya pada episode pertama. Dampak depresi bisa bertahan lama atau berulang dan bisa sangat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berfungsi dan menjalani kehidupan yang bermanfaat. Depresi merupakan salah satu faktor tertinggi terhadap ide bunuh diri dan kejadian bunuh diri pada mahasiswa. Gangguan depresi pada mahasiswa berbeda dengan populasi umum karena gangguan depresi ini mungkin lebih sering muncul pertama kali, sedangkan pada orang dewasa pada kelompok usia yang lebih tua, gangguan depresi berulang lebih sering terjadi. Pengkajian depresi pada mahasiswa secara sensitif dan upaya mengurangi depresi dapat mengurangi risiko bunuh diri. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk melakukan pengkajian awal (deteksi dini) pada mahasiswa terkait Depresi dan melakukan pendidikan kesehatan jiwa terkait mengenal depresi, pencegahan depresi dan bagaimana mencari bantuan. Metode pelaksanaan akan dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Edukasi daring akan diawali oleh pre test dan post test untuk mengukur pengetahuan peserta sebelum dan sesudah diberikan edukasi daring. Setelah itu, peserta akan diberikan link google form Beck Depression Inventory-II untuk deteksi dini terkait depresi. Hal ini diharapkan mampu mencegah munculnya depresi yang menjadi faktor resiko dari bunuh diri. Selain itu, peserta dapat mengetahui kondisi kesehatan jiwa mereka dan segera mencari bantuan jika diperlukan.