Penyuluhan Pencegahan Bullying dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik SDN Cipadaulun
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3555Abstract
Di era sekarang ini disadari atau tidak tindakan bullying di kalangan anak-anak sudah menjadi hal yang biasa dan dianggap
sepele orang banyak. Bullying di kalangan anak-anak, yang sering dianggap sepele, memiliki dampak serius terhadap
kesehatan mental dan sosial mereka. Kebanyakan masyarakat menganggap hal itu sebagai becandaan namun tanpa berpikir
mengenai dampak buruk yang dapat ditimbulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perilaku atau
akhlak peserta didik di SDN Cipadaulun dan sejauh mana program konseling efektif dalam mencegah dan mengurangi
perilaku bullying di sekolah serta berusaha menggali perubahan perilaku atau akhlak siswa, baik pelaku maupun korban
bullying, setelah mengikuti program penyuluhan pencegahan bullying. Program penyuluhan ini menggunakan beberapa
metode pelaksanaan, yaitu ceramah, tanya jawab, dan visualisasi dengan teknik analisis melalui observasi dan data
wawancara. Program ini melibatkan seluruh siswa dan dirancang untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya akhlak
baik serta menciptakan lingkungan belajar yang aman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program
penyuluhan “Pencegahan Bullying” di SDN Cipadaulun memberikan dampak positif dalam mengurangi perilaku bullying di