Inovasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pembelajaran Literasi Berbasis Cerita Anak Digital

Authors

  • Aprilla Adawiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur , Indonesia
  • Siti Maryam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Suryakancana Cianjur, Indonesia
  • Aan Hasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Suryakancana , Indonesia
  • Sukaesih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Suryakancana , Indonesia
  • Ajim Robuna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Suryakancana , Indonesia
  • Dina Ainunnisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Suryakancana , Indonesia
  • M. Rizky Setia Ramadhan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Suryakancana , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3547

Abstract

Artikel ini bertujuan memaparkan hasil pelaksanaan pengabdian mengenai inovasi gerakan literasi sekolah melalu pembelajaran literasi dengan bercerita berbasis cerita anak digital di Yayasan Al-Azhar Azzaini. Pengabdian dilaksanakan pada 2 - 6 Mei 2024 dengan pelaksanaan secara daring dan luring (grup whatsapp). Gerakan Literasi Sekolah merupakan  merupakan gerakan literasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menyediakan waktu membaca selama 15 menit setiap hari  pada saat pembelajaran atau sesuai kondisi dan kebijakan sekolah. Inovasi yang dilakukan dengan melatih guru untuk membuat sendiri bahan literasi berupa cerita anak digital menggunakan canva. Dari hasil pelatihan tersebut, peserta pengabdian yang merupakan guru dibagi menjadi lima kelompok. Sehingga menghasilkan lima cerita anak digital di dalam canva, dengan jenjang baca B1 dan B2. Kelima cerita anak tersebut bertema literasi finansial, literasi sains, literasi numerasi, kebersihan, dan sanitasi. Keberterimaan materi pengabdian, dievaluasi melalui angket yang disebar melalui google form kepada responden, dengan hasil respon sangat baik dan dapat dipahami.

Published

2024-12-02

How to Cite

Aprilla Adawiyah, Siti Maryam, Aan Hasanah, Sukaesih, Ajim Robuna, Dina Ainunnisa, & M. Rizky Setia Ramadhan. (2024). Inovasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pembelajaran Literasi Berbasis Cerita Anak Digital . JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(2), 321–330. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3547

Issue

Section

ARTIKEL PENGABDIAN

Citation Check