Penerapan Latihan Grapomotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak SLB Kelas 1 di Sekolah Inklu Bina Asih

Authors

  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma, Jl.Jenderal Ahmad Yani No.3 9/10 Ulu, Palembang, Indonesia
  • M.Faisal Ramadhanus SY Universitas Bina Darma, Jl.Jenderal Ahmad Yani No.3 9/10 Ulu, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3484

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan dan hak yang sama dengan anak normal lainnya atau pada umumnya untuk mngoptimalkan kemampuan diri melalui pendidikan, termasuk salah satunya adalah anak tuna daksa yang memiliki hambatan pada fisiknya. Tuna daksa sering diartikan dengan cacat tubuh atau tuna fisiknya. Istilah ini menggambarkan suatu keadaan dari seseorang yang memiliki kecacatan, kelainan bentuk tubuh atau kehilangan salah satu bagian dari tubuhnya yang mengakibatkan terganggunya fungsi dari tubuh untuk melakukan gerakan gerakan sesuai yang diinginkan. Tuna daksa adalah cacat ortopedi. Cacat ortopedi yang dimaksud adalah suatu kelainan yang terletak pada system pengendalian motorik yaitu system otot, tulang dan persendian. Salah satu jenis anak tuna daksa adalah Tuna Daksa. Anak Tuna Daksa memiliki gangguan pada fungsi motorik karena disebabkan adanya kerusakan pada sistem pengendalian motorik di otak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi lapangan dan pemberian praktik menggambar serta menulis. Hasilnya bahwa teknik latihan graphomotor dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan padaanak Tuna Daksa di Sekolah Inklu Bina Asih

Published

2024-10-28

How to Cite

Rina Oktaviana, & M.Faisal Ramadhanus SY. (2024). Penerapan Latihan Grapomotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak SLB Kelas 1 di Sekolah Inklu Bina Asih . JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(2), 141–149. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3484

Issue

Section

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check