Pelatihan Penyusunan Preliminary Research Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif
Keywords:
preliminary research, design-based research, desain pembelajaran, berpikir kreatifAbstract
Pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk menyampaikan beberapa temuan dari penelitian tim dalam design-based research (DBR). Pelatihan diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman para pendidik di SMA/sederajat di Kota Langsa Provinsi Aceh dalam menyusun desain pembelajaran. Dari segi konten, pada kegiatan pelatihan disampaikan konsep preliminary research sebagai bagian dari DBR yang terdiri dari dua kegiatan utama, yakni analisis kebutuhan dan analisis konteks. Pada kegiatan analisis kebutuhan, para guru diarahkan untuk dapat menyusun rancangan kegiatan pembelajaran yang relevan dengan indikator-indikator kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kemudian pada kegiatan analisis konteks, diberikan arahan bagi para peserta pelatihan untuk mengkaji kesesuaian draft desain yang telah disusun dengan konteks keilmuan mata pelajaran masing-masing. Dari 30 guru SMA/sederajat yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, semuanya memberikan respons positif dalam segi penyelenggaraan, pemateri, dan kebergunaan materi.
References
Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan guru dalam penggunaan website grammar sebagai media pembelajaran selama pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 2(1), 49–55.
Ihsan, I. R., & Karjanto, N. (2019). Optimizing Students Combinatorial Thinking Skill Through Design-based Research. International Congress on Industrial and Applied Mathematics 2019, 1–5. https://arxiv.org/abs/1911.07655
Ihsan, I. R., & Kosasih, U. (2018a). Desain Pembelajaran Materi Permutasi Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kombinatorial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. TRIPLE S (Journal of Mathematics Education), 1(2), 97–106. https://jurnal.unsur.ac.id/triple-s/article/viewFile/432/328
Ihsan, I. R., & Kosasih, U. (2018b). Penelitian Pendahuluan Mengenai Desain Pembelajaran Terkait Berpikir Kombinatorial. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana (MINATKU).
Ihsan, I. R., Priyanda, R., & Amalia, R. (2021). Perspektif Mahasiswa Pendidikan Matematika di Kota Langsa terhadap Masalah Pembelajaran Matematika pada Masa. 3(2), 90–101.
Ihsan, I. R., Yakob, M., Sarah, R., Iskandar, F., Priyanda, R., & Amalia, R. (2022). Interests, Perceptions, and Communication Patterns of Pre-Service Mathematics Teacher in Langsa City During Online Learning. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 142–158.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
OECD. (2006). 21st Century Learning Environments. In 21st Century Learning Environments. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264006508-en
OECD. (2013). Leadership for 21st Century Learning. In Leadership for 21st Century Learning. OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/9789264205406-en
OECD. (2017). The OECD Handbook for Innovative Learning Environments. In Oecd. OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/9789264277274-en
Plomp, T. (2013). Introduction to Educational Design Research: An Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Ed.), Educational Design Research (hal. 11–50).
Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Herry Hernawan, P. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Research, 15(2), 4–14. https://definicion.de/computo/
Shulman, L. S. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1–22. http://people.ucsc.edu/~ktellez/shulman.pdf
Talitha, S. (2022). Peningkatan Literasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cigombong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 73–77. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i1.1509
Van den Akker, J., Bannan, B., Kelly, A. E., Gravemeijer, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research Educational
Design Research. In T. Plomp & N. Nieveen (Ed.), Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO (hal. 1–206). SLO. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766